|

DPRD Halbar Tunda Paripurna Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2018

HAJIJA SERGI

HALBAR, BRN - Rapat paripurna DPRD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) yang sedianya mendengarkan keputusan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Halbar Tahun 2018 terpaksa ditunda.

Penyebab ditundanya paripurna tersebut karena ketidakhadiran 10 orang wakil rakyat itu. Akibatnya paripurna dengan agenda mendengarkan keputusan ini di tunda hingga Senin (22/7) pekan depan.

Ketua Komisi I DPRD Halbar, Jufri Muhammad menyatakan, pengambilan keputusan itu dibilang sah apabila disetujui minimal dua per tiga anggota sidang yang hadir sebagaimana yang dimaksud Tata Tertib (tatib), kemudian disetujui lebih dari seperdua anggota. “ Anggota DPRD Halbar semuanya 25 orang, yang hadir hanya 15 orang, bagaiamana mau sah. 10 orang tidak hadir,” katanya.

Sekretaris Dewan (Sekwan), Hajija Sergi menyebut alasan tidak hadirnya sepuluh anggota DPRD itu karena masih berurusan diluar daerah. “ Ada yang urusan fit and proper test, dan kalau fraksi PKB dalam rangka penetapan wakil ketua DPRD,” terangnya.

Sesuai ketentuan, kata Sekwan, minimal dua per tiga atau 17 orang yang hadir. “ Agenda keputusan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2018 di tunda karena hadir hanya 15 orang masih kurang dua orang lagi,” katanya. (haryadi)
Komentar

Berita Terkini