|

Dikbud Pultab Dorong Kepsek Miliki Sertifikat


SEHAT UMAGAP (Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikbud Pultab)
TALIABU, BRN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) mendorong kepala sekolah memiliki sertifikat peningkatan kompetensi. Sertifikat ini merupakan indikator profesionalisme kepsek.

Untuk memenuhi itu, Dikbud Pultab rencananya melaksanakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) penguatan kepala sekolah di 8 kecamatan pulau setempat. Ini dilakukan selain bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran, juga mendorong para kepsek mengantongi tanda bukti kompetensi atau sertifikat.  

“ Karena setiap kepsek di Pultab kedapan wajib punya sertifikat kepala sekolah. Jadi mau tidak mau harus punya,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikbud Pultab, Sehat Umagap, Kamis (25/7).

Kabid yang disapa akrab Etja itu mengaku semua pemangku kebijakan sekolah di Pulau Taliabu belum memiliki sertifikat kepsek. Agar mendapat bantuan fisik atau non fifik dari pemerintah, kata dia, ada dua opsi yang digodok. Pengusulan di Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Malang, Jawa Tengah sebagai opsi pertama, dan kedua melalui APBD.

“ Tenang, para kepsek yang belum punya sertifikat tak perlu risau, sekarang saya lagi menyusun agar bisa ikut, tapi minimal harus sarjana dan golongan III/C,” katanya Etja, sapaan akrab Sehat Umagap.

Menurut Etja, penguatan kepsek ini berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 1992 tentang Tenaga Kependidikan sebagaimana telah diubah dengan PP Nomor 39 Tahun 2000, PP Nomor 13 Tahun 2015 tentang perubahan kedua dari PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (her/red)
Komentar

Berita Terkini