|

Buka Posko Peduli Bantu Korban Gempa di Halsel

Tidak hanya mengulurkan sumabangan dari setiap kendaraan yang lalu-lalang. Beberapa diantaranya menyasar di Pelabuhan Jailolo dengan agenda serupa.  

JAILOLO, BRN - Gempa manitudo 7,2 skala richter (SR) menimpa Halmahera Selatan pada Minggu (14/7) kemarin mendapat simpati dari semua kalangan. Termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat STPK Banau Halmahera Barat. mereka pun melakukan penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang terdampak peristiwa tersebut.

Aksi simpati yang dipelopori kaum mudah ini tepatnya di Pertigaan Pasar Gufasa Kecamatan Jailolo, Selasa (16/7). Ketua Umum Komisariat HMI Halbar, Dias Setiawan menuturkan, apa yang dilakukan itu tidak terpas dari solidaritas kemanusiaan dan kepedulian sesama. “ Ini murni keterpanggilan moril, tidak ada tendensi politik sedikit pun,” tandasnya.

Dias bilang, uang hasil penggalangan dana ini berikutnya disumbang ke Halmahera Selatan. “ Warga Halsel saat ini butuh uluran kita semua. Mereka sangat butuh makanan, selimut, minuman, dan obat-obatan,” ucapnya. “ aksi hari pertama alhamdulillah sebesar Rp 1.556.000 “.

Senada diuataralan Abdul Jalil Idrus. Kader HMI ini  menyampaikan banyak terimakasih atas kemurahan hati masyarakat Halbar. “ Sekecil nilai yang diberi sangat berati bagi para korban bencana,” ucapnya.

Buka Posko Peduli

Bupati Danny Missy menyatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat sudah membuka posko peduli korban gempa. Posko ini nantinya menerima semua bantuan masyarakat maupun berbagai pihak yang ingin memberikan donasi bagi korban bencana di Halsel.

“ Saya berharap, masyarakat yang terdampak bencana bisa sabar menghadapi ujian. Jangan panik dan mari kita sama-sama berdoa agar keluarga, sahabat dan kerabat yang ada di Halsel bisa terhindar dari musibah,” ujarnya.


Kepala BPBD Halbar, Imran Lolori menyebut posko peduli gempa yang dibuka itu mulai action. “ Hari ini sudah action. Penggalangan dana di mulai dari kantor bupati yang disertai dengan upacara 17 bulan berjalan,” akunya.

Imran mengatakan, Halbar turut merasakan gempa di Halsel. Dia juga meminta kepada masyarakat Halbar untuk tidak panik dan selalu mengupdate informasi dari BMKG.

“ Di Halbar juga rasa, namun getarannya tidak terlalu kuat. Kepada masyarakat selalu berikhtiar, jangan terpancing isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya serta ikuti informasi terupdate BMKG,” pintanya. (haryadi)
Komentar

Berita Terkini