|

BMKG Imbau Masyarakat Tidak Percaya Isu Hoaks Pasca Gempa

ILUSTRASI GEMPA
TERNATE, BRN - Gempa bumi magnitudo 7,2 SR kembali terjadi di Halmahera Selatan, Maluku Utara, Minggu (14/7). Gempa dilaporkan sekitar pukul 18.10 sore WIT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyebut pusat atau episentrum gempa berada di koordinat 0,56 Lintang Selatan dan 128,06 Bujur Timur, atau tepatnya di darat pada jarak 63 km arah timur Kota Labuha, Halmahera Selatan, pada kedalaman 10 km.

“ guncangan gempa hingga di Ternate dan daratan Pulau Halmahera,” kata Rahmat dalam rilis yang diterima brindonews.com.

Rahmat menjelaskan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal yang diduga dipicu sesar aktif. Pembangkit gempa sesar Sorong-Bacan dengan mekanisme sesar geser.

Gempa ini, lanjutnya, dilaporkan guncangan hingga terasa di Pulau Obi dalam skala intensitas V MMI, Labuha III MMI, Manado, Ambon II-III MMI, Ternate, Namlea, Gorontalo, Sorong dan Bolaang Mongondow II MMI. Hasil pemodelan BMKG menunjukkan tidak berpotensi tsunami.

“ Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut,” ucapnya.

Rahmat mengimbau agar masyarakat tetap tenang, tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya dan memastikan dampak bangunan sekitar.

“ Periksa dan cermati bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan. Mohon cermati dan terus berlatih langkah-langkah praktis untuk antisipasi bahaya gempabumi, baik pada saat persiapan sebelum gempa dan setelah gempabumi,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala BMKG Ternate, Gustoro Hariyatmoko mengatakan, masyarakat sudah bisa kembali ke rumah masing-masing dikarenakan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Kendati begitu, Gustoro mengimbau agar masyarakat tetap mengikuti arahan dari BPBD maupun TNI/Polri yang sudah diterjukan ke lapangan. Dia juga meminta kepada masyarakat tetap tenang dan tidak mudah termakan atau terpancing oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab, tidak benar, dikarenkan saat ini banya video-video lama yang di upload ulang/kembali.

“ Pasca gempa 7,2 SR yang terjadi di Gane, Halmahera Selatan, Maluku Utara, kami dari BMKG didampingi Sekretaris BPBD Kota Ternate mengimbau kepada masyarakat yang masih berada di tempat ketinggian segera kembali ke rumah masing-masing atau melanjutkan aktifitas seperti biasanya,” imbaunya. (red)
Komentar

Berita Terkini