|

Waktu Dekat Bantuan RTLH di Morotai Disalurkan

Syaiful Arifin
MOROTAI, BRN - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pulau Morotai dalam waktu dekat ini bakal menyalurkan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH. 

Kepala Disperkim Pulau Morotai Syaiful Arifin mengungkapkan, rencana realisasi bantuan RTLH ini sebenarnya sudah action bersamaan dikeluarkannya surat keputusan atau SK bupati setempat. Hanya saja pada gilirannya SK tersebut di revisi, karena itu penyaluran bantuan RTLH sedikit terlambat. 

Syaiful bilang, realisasi RTLH dilakukan secara bertahap. Pertimbangan ini disesuaikan dengan realisasi anggaran. Meski tak merinci berapa jumlah kepala keluarga penerima bantuan RTLH, Syaiful berkeinginan menerapkan sistim 50:50 yang disesuaikan kucuran dana pemerintah pusat melalui DAK, hanya saja kecilnya kucuran dana (25 persen) sehingga tahap awal dengan sistim realisasi 50:50 tidak bisa di terapkan.  

“ Mau realisasinya 50:50. Namun karena tahap awal anggarannya dibawa 50 persen, maka ditahap awal ini realisasi hanya 25 persen,” kata Syaiful saat di sambangi brindonews.com di ruang kerjanya, Senin (17/6) tadi. 

Bantuan, kata Syaiful, diberikan dalam bentuk barang (material bangunan), bukan berupa uang tunai. Ini dilakukan guna mengantisipasi penyalagunaan dana para penerima bantuan. 

“ Kalau diuangkan terlalu beresiko. Bisa jadi tidak di pakai atau digunakan, karena itu kami tidak mau ambil resiko,” terangnya sembari mengatakan, penerima bantuan akan diberikan ongkos tukang sebesar Rp 2,5 juta. (fix/red)
Komentar

Berita Terkini