|

Puskesmas Jailolo Prioritas Tiga Desa Penderita Kusta

M. Iksan Dagasuli
HALBAR, BRN -  Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat menaruh perhatian serius pada pencegahan dan pengobatan penyakit kusta. Berdasarkan data Puskesmas, ada penderita lebih dari tiga orang di tiga desa di kecamatan setempat. 

Kepala Puskesman Jailolo, M. Iksan Dagasuli menyebutkan, prioritas atau fokus pencegahan dan pengobatan penyakit kusta di wilayah kerjanya itu dilakukan di tiga desa, yaitu Desa Guaeria, Tauro, dan Galala. 

“ Pencegahan dilakukan dengan sistim secara menyeluruh kepada semua penduduk di tiga desa tersebut,” kata M. Iksan, Selasa (18/6).   

Pencegahan dan pengobatan rencananya dalam waktu dekal ini. M. Iksan bilang, desa pertama yang disambangi adalah Desa Guaeria. “ Desa Tauro, dan Galala tahap berikutnya,” ucapnya. 

Menurutnya, fokus penanganan kusta di tiga desa itu karena penderitanya lebih banyak dibandingkan desa lain yang hanya satu sampai dua orang . “ Tiga desa yang menjadi titik fokus ini diharapkan berpartisipasi aktif, sehingga dalam pencegahannya berjalan baik,” harap M. Iksan. (haryadi/red) 
Komentar

Berita Terkini