|

5 BumDes di Morotai Dapat Bantuan Modal


ALEXANDER WARMASUBUN
MOROTAI, BRN - Sedikitnya lima badan usaha milik desa atau BumDes di  Pulau Morotai mendapat bantuan permodalan. Bantuan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai itu diberikan kepada lima BumDes yang tersebar di Kecamatan Morotai Selatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Morotai Alexsander Warmasubun  mengatakan, bantuan senilai Rp 50 juta tersebut diperuntukkan modal usaha. Alexander menyatakan, sebelum dana itu dicairkan, DPMD lebih dulu mengecek kegiatan dan jenis usaha di tiap-tiap BumDes.

“ Ada pengecekan lapangan. Ini tujuannya agar anggaran yang diberikan tepat sasaran. Kalau kegiatan dan jenis usahanya sudah jelas, berikutnya diberikan pembinaan dan barulah dananya diberikan atau dicairkan,” katanya, Selasa (25/6).

Dijelaskan, pemberian modal tersebut bertujuan menekan naiknya harga bahan di level desa. kebutuhan masyarakat dan harga bahan di desa dan di kabupaten harus sama.

“ Intinya satu harga. Misalnya harga semen di kabupeten Rp 80 ribu, maka di desa pun di jual dengan harga  yang sama di kabupaten,” terangnya. (fix/red)
Komentar

Berita Terkini