|

Sekdes Desa Gorua Kembalikan Dana Desa

Sekdes Desa Gorua telah mengembalikan Dana Desa

TOBELO, BRN - Kasus penyalahgunaan Dana Desa (DD) ratusan juta yang dilakukan sekertaris desa Gorua kecamatan Tobelo Utara, Abdul Maya (27) tanpa sepengetahuan Kades dan Bendahara beberapa waktu lalu telah diselesaikan. Pasalnya Sekdes sudah mengembalikan uang yang ia gunakan ke kas desa.

Kepala Bidang Administrasi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemkab Halut, Naftali Gita kepada wartawan Rabu (15/05/2019) mengatakan sekertaris desa Gorua telah melakukan pengembalian uang dana desa yang dicairkan di Bank Mandiri. bahkan Bahkan Bank Mandiri memberikan pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah untuk mengganti uang yang telah dipakai.

Naftali menambahkan, sebenarnya pihak Bank Mandiri kecolongan dengan menyetujui pencairan dana desa Gorua, sebab setiap pencairan harus ada rekomendasi dari kepala dinas dengan cap basah dan tanda tangan tinta biru, bukan yang telah di copy.

“ Seperti diberitakan sebelumnya Sekertaris Desa Gorua mengaku mencairkan anggaran tanpa sepengetahuan Kades dan bendahara dan telah menyalahgunakan Dana Desa (DD) tahap I tahun 2019 untuk kepentingan pribadi,” ujarnya.

Kata dia, dari data yang diperoleh, total dugaan penyalahgunaan DD yang dilakukan Sekdes sebesar Rp 116.700.000 tetapi sudah dikembalkan ke bendahara desa. (Shl)

Komentar

Berita Terkini