|

Helmi: Belum Ada Peristiwa Besar Yang Lukai Pemilu

Helmi Alhadar
TERNATE, BRN - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 sudah melewati masa pemungutan suara. Situasi selama masa kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara di TPS, rekapitulasi suara tingkat Kecamatan/KPU Kabupaten/Kota hingga hingga KPU Provinsi berlangsung aman terkendali.

Ini menunjukkan kalau peran atau kesigapan baik TNI dan Polri dalam menjaga kelancaran pelaksanaan Pemilu tahun ini begitu penting. Keberhasilan pengayom masyarakat ini pun mendapat apresiasi.

Seperti Polres jajaran Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara. Polres jajaran yang di pimpin AKBP Driyano Andri Ibrahim ini mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Halmahera Timur, Jhon Ngoraitji.   

“ Pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di Halmahera Timur berjalan aman, damai, kondusif serta jujur dan adil. Walau terjadi sedikit masalah, namun hal tersebut dapat segera diselesaikan. Kesigapan pihak keppolisian dan masyarakat Halmahera Timur yang cinta damai, Pemilu di Halmahera Timur berjalan aman,” kata Jhon dalam video berdurasi 1 menit yang diterima redaksi brindonews.com, Rabu (8/5) tadi.

Dalam vidoe tersebut Jhon mengajak kepada masyarakat Halmahera Timur tetap memelihara suasana damai dan tentran pasca Pemilu. Beda pilihan, aksi dukung-mendukung calon legislatif kabupaten/provinsi, DPD RI, DPR RI dan pasangan calon presiden dan wakil presiden merupakan hal biasa dalam berdemokrasi, namun itu tidak membuat runtuhnya kebersamaan yang sudah lama di bina.

“ Lagi pula, kompetisi atau pun aksi dukung-mendukung dan beda pilihan hanya terjadi lima tahun sekali. Untuk itu, suasana damai dan tentram di Halmahera Timur harus terus dipelihara, khususnya setelah Pilpres. Siapapun yang menang itu sudah takdir Tuhan, walaupun yang kita dukung tidak menang, harus di terima dengan lapang dada,” kata Jhon melanjutkan.

Jhon juga meminta seluruh elemen masyarakat dan elit partai politik untk kembali bersatu dan guyub. Ia menyakini kalau kolaborasi ini tidak membuat pecah-belah keadaa pasca Pemilu.

Menurutnya, demi menuju Indonesia Maju, Sejahtera kita harus bersama-sama menjaga kesatuan dan persatuan bangsa ini. “ Siapapun yang terpilih nanti, tujuan itu tidak lepas dari visi misi masing-masing capres-cawapres. Melalui pemilu ini mari kita menuju Indonesia damai dan sejahtera,” tukasnya.

Belum Dengar Peristiwa Besar

Pengusiran Ketua TKD Jokowi - Ma’ruf di Tidore Kepuluan sebelum pencoblosan dan dugaan politik “karpet” oleh calon legislatif DPR RI daerah pemilihan Maluku Utara, Ahmad Hatari sesudah pencoblosan adalah dua permasalahan yang sempat mewarnai pelaksanaan Pemilu di Maluku Utara.
   
Kendati begitu, dua permasalahan tersebut bukanlah peristiwa besar yang menggangu jalannya Pemilu. Dosen Komunikasi Politik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Helmi Alhadar menuturkan, dalam kacamatanya Pemilu di Maluku Utara berjalan cukup baik dan lancar. Kandidat doktor Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat ini melihat peran peran kepolisian dalam mendukung Pemilu, baik Pilpres maupun Pileg masih berjalan cukup baik dan lancar.

Helmi mengatakan, sampai saat ini dirinya belum melihat atau mendengar peristiwa-peristiwa yang dapat mengganggu atau melukai jalannya Pemilu di Maluku Utara. “ Untuk itu, sudah sepantasnya kita semua memberikan apresiasi kepada Polisi dan TNI yang mampu memainkan perannya untuk mendukung dan menjaga jalannya Pilpres dan Pileg yang berjalan baik, lancar dan aman sebagaimna yang kita semua harapkan,” ujarnya. (brn)
Komentar

Berita Terkini