|

Bupati Danny Irup Hari Kebangkitan Nasional



JAILOLO, BRN - Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-111, Senin (20/05/2019) pagi tadi.  Serimoni yang di wujudkan dalam upacara itu dilangsungkan di depan Kantor Bupati Halmahera Barat dan di pimpin langsung Bupati Danny Missy.

Bupati Danny menuturkan, peringatan hari kebangkitan nasional kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa. Pernyataan atau sumpah yang dikemukakan Gajah Mada pada upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit ini merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan dan kesatuan Indonesia.

“ Kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat. Kita punya pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa, oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika di pertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita,” kat Danny saat membacakan amanat atau sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara.

Peringatan hari kebangkitan nasional bertepatan bulan ramadan, kata Danny, menuntun kita perbanyak amal kebaikan dan menjauhi perbuatan yang di larang Tuhan Yang Maha Esa. “ Harapan tersebut kiranya sangat relevan apabila peringatan hari kebangkitan nasional tahun ini bertemakan bangkit untuk bersatu,” kata Danny melanjutkan.

Manurutnya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Dengan semangat gotong royong, Indonesia mampu dan terus menghidupi semangat persatuan. Semangat ini mampu mengantarkan Presiden RI pertama Ir Soekarno berpidato di hadapan badan penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia.

“ Bung Karno juga menawarkan Pancasila yang berisikan lima asas. Bapak proklamator RI ini juga memberikan pandangan bahwa nilai-nilai Pancasila tersebut di peras ke dalam tiga sila, atau bahkan satu sila tunggal, ini kemudian menjadi intinya adalah core of the core atau gotong-royong,” terangnya. (haryadi/red)
Komentar

Berita Terkini