|

TKD Jokowi Malut Optimis Lebihi Hasil Survei

Ketua TKD Malut, M Al Yasin Ali
TERNATE, BRN - Tim kampanye daerah (TKD) Provinsi Maluku Utara optimis mendulang suara pasangan calon presiden (capres) dan wakil calon presiden (wacapres) nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin. Keyakinan ini setelah sebelas lembaga survei meliris hasil surveinya baru-baru ini.  

Dari hasil survei tersebut, elektabilitas Jokowi-Amin naik tipis 3 persen. Meski tipis, survei melibatkan 1.800 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error 2,8 persen diyakini mampu mengantar Jokowi dua periode.  

Ketua TKD Malut, M. Al Yasin Ali mengatakan, survei dilakukan pada 21-26 Januari 2019 di 34 provinsi itu semuanya memenangka Jokowi-Amin. Dari hasil itu Jokowi-Amin peroleh 51,6 persen.

“ Maka hoaks yang terjadi, itu adalah rekayasa KPU RI yang sudah membuat satu sistem dan perencanaan bagaimana memanipulasi angka elektabilitas Jokowi-Amin menjadi 57 persen,” kata wakil gubernur Malut terpilih itu di pelabuhan perikanan nusantara Bastiong, Minggu sore tadi di acara kampanye terbuka bertajuk satukan langkah menangkan Jokowi-Amin.

Mantan bupati Halmahera Tengah (Halteng) dua periode ini menargetkan 60 persen suara Jowdi Malut melebihi hasil suvei sebelas lembaga survei tersebut. Target itu bisa saja di capai jika ditopang kerja keras dari Bupati Halteng, Edi Langkara, Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman dan Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba.

“ Untuk sementara masih 51,6 persen. Kalau di Ternate dan di Halmahera Selatan bekerja keras, maka hasil pasti bertambah diatas 60 persen,” kata Yasin Ali saat diwawancarai awak media.

Optimis dan target yang sama di sampaikan Wali Kota Tidore Kepuluan (Tikep), Cpt. Ali Ibrahim. Politisi PDI-P ini tergetkan Jokowi-Amin meraup suara diatas 60 persen di Tikep. “ Untuk masyarakat Tikep, seperti biasa kami pastikan Jokowi menang. Untuk target, ya biasa 80 persen,” katanya usai kampanye terbuka.

Target itu, kata Cpt Ali, bisa di lihat dari kerja keras dan kampanye-kampanye yang dilakukan terhadap masyarakat Tikep. “ Selain itu juga program Jokowi. Banyak  program seperti tranportasi laut dan pertanian,” katanya seraya mengku tol laut hasil bantuan pemerintah pusat mampu mengekspor lima konter ikan per bulan di Tikep termasuk kopra.


Data Hasil 11 lembaga survei
(ko/red)
Komentar

Berita Terkini