|

Sebanyak 150 Relawan Ikut Pembekalan Momentum Hari KBN

Foto Bersama Usai Pembekalan

TERNATE-BRN, Menjelang hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional pada Tanggal 26 April 2019 mendatang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate bekerja sama dengan beberapa stake holder lingkup kota Ternate melakukan kegiatan pembekalan relawan, Sabtu (13/04/2019).

Kegiatan tersebut bertempat di aula Mini Kampus I Unkhair, dan dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate M. Tauhid Soleman.

Tauhid dalam sambutanya memberikan apresiasi penuh atas diselengarakannya pembekalan relawan momentum hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Gunung Gamalama termasuk gunung berapi aktif. "Olehnya itu dengan diselengarakannya kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih kepada masyarakat khusunya Kota Ternate agar lebih siap menghadapi bencana alam yang akan terjadi" ucapnya.

Terpisah kepala BPBD Kota Ternate Hasim Yusuf disela-sela kegiatan kepada reporter menuturkan, kegiatan pembekalan relawan ini melibatkan 150 peserta kaum perempuan yang terdiri dari ketewakilan masing-masing instansi yakni dunia usaha, mahasiswa, dosen dan guru perempuan. 

Keterlibatan peserta ini diharpakan mampu menjadikan pendidikan edukatif terhadap siswa Sekolah Dasar (SD), sebab pada Tanggal 20 April 2019 nanti mereka akan di salurkan ke sekolah-sekolah dasar di Kota Ternate untuk memberikan pengajaran berupa pengetahuan mengenai mitigasi bencana, baik itu gempa, tsunami dan bahaya erupsi gunung Gamalama.

"150 relawan perempuan yang nantinya memberikan pengajaran kepada 2000 siswa-siswi sekolah dasar yang tersebar di Kota Ternate" ungkapnya

Lanjutnya, Keterlibatan kaum perempuan dalam pembekalan kesiapsiagaan merupakan tema nasional yang nantinya di angkat saat hari KBN. Olehnya itu diharapkan kegiatan ini menjadi budaya agar masyarakat Kota Ternate selalu siap mengahadapi situasi bencana yang akan dialami.

Rencana Puncak kegiatan pada tgl 26 nanti akan berlangsung di landmark berupa apel siaga relawan, sebelum apel siaga akan dikukuhan forum pengurangan resiko bencana Kota Ternate"tutupnya (Mal/red).

Komentar

Berita Terkini