|

Ratusan Personil Amankan TPS

AKP Karim A. Bombay
HALBAR, BRN - Penjagaan tempat pemungutan suara atau TPS pada pemilu serentak 2019 boleh dikata ketat. Kepolisian Resort Kabupaten Halmahera Barat menerjunkan 178 personil pada 17 April 2019 nanti.

Dari jumlah itu, Kepolisian Resort atau Polres Halmahera Barat menyumbang 148 personil. Sementara 30 personil dari Polda Maluku Utara. “ Total jumlah personil ada 178 personil. Ini gabungan dari Polres Halbar dan Polda Malut,” ungkap Kabag OPS Polres Halabr, AKP Karim A. Bombay, Senin (15/4) sore tadi.

Ratusan personil ini di siapkan dalam rangka pengamanan PAM di setiap TPS di seluruh Halmahera Barat. Penempatan personil bervariasi, 3 TPS diawasi 1 personil dan ada juga satu banding satu atau 1 TPS dijaga 1 personil.

AKP Karim menyebut variasi penempatan personil itu tergantung jangkauan atau akses wilayah atau desa. Akses wilayah agak sulit seperti di Kecamatan Loloda beberapa TPS-nya dijaga per satu TPS satu personil.  

Selain itu, lanjut AKP Karim, Polres Halmahera Barat mendapat tenaga bantuan sebanyak 33 personil Brimob, Mako Sofifi. Pasukan ini baru bisa kerahkan bila ada gejolak di daerah atau lokasi pemilu khususnya di Halmahera Barat. Personil Brimob ini stand by. “ Kalau personil pengamanan PAM sudah turun sejak 14 April kemarin. Pada 22 April baru personil di tarik kembali,” katanya. (Haryadi)
Komentar

Berita Terkini