|

Nasabah Gugat PT SMS Finance

Roslan
TERNATE, BRN - Tarik menarik PT Sinar Mitra Sepadan Finance (SMS Finance) Cabang Ternate dan nasabah Fahri Bahmid kini masuk daftar gugatan Pengadilan Negeri (PN) Ternate.

Sebelumnya, perusahaan yang memfokuskan diri untuk memberikan pinjaman berupa pembiayaan kunsomen khususnya pembiayaan mobil bekas ini di beri teguran hukum atau somasi namun tidak di tanggapi. Hal ini disampaikan oleh kuasa hukum Fahria Bahmid, Kamis (4/4) malam tadi.

Menurut Roslan, perkara nomor 11/Pdt.G/2019/Pn.tte itu dilakukan lantaran PT SMS Finance (Tergugat) diduga melanggar undang-undang perlindungan konsumen, dan UU 42 tahun 1999 tentang fidusia, serta melanggar ketentuan pidana karena menyita mobil kleinnya secara sepihak tanpa ada bukti-bukti yangg di benarkan undang-undang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang  Kongres Advokat Indonesia Kota Tidore Kepuluan ini mengatakan, polemik PT SMS Finance dan kliennya itu berawal pada 17 Februari 2019 lalu. Saat itu pihak perusahaan menarik atau menyita mobil jenis honda stream milik kleinnya dengan alibi ingkar janji .

Pemberitahuan penarikan melalui telepon ini kliennya keberatan. “ Namun pihak finance berdalih nanti setelah uang ada maka mobilnya akan di berikan. Kurang lebih 20 hari atau tepat pada 27 Februari 2019 uang klein kami sudah ada dan akan membayar tunggakan pinjaman, namun pihak finance sudah tidak memberikan kesempatan,” jelasnya.

Atas tindakan itu, lanjutnya, sudah melakukan teguran hukum atau somasi ke pihak perusahaan namun tidak diindahkan pihak perusahaan. “ Karena itu kami tempuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum di Pengadilan Negeri Ternate sesuai dengan Pasal 1365 KUHPerdata,” ujarnya. (brn)
Komentar

Berita Terkini