|

Hari Pertama UNBK, Satu Siswa SMPN 1 Morotai Tak Ikut Ujian

Di Halbar UNBK Lancar

Suasana Siswa SMPN 1 Morotai saat mengikuti UNBK, Senin (22/04).
MOROTAI,BRN - Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK jenjang pendidikan sekolah menengah berjalan lancar. Seperti terpantau di Sekolah Menengah Negeri 1 Morotai, Senin (22/4) padi tadi.  

Kepala SMPN 1 Morotai mengatakan, jumlah peserta UNBK di sekolahnya semula terdaftar 202 siswa. Namun belakangan siswa atas nama Adrian S. Popa mulai jarang masuk sekolah. “ Sepertinya siswa bersangkutan tidak mau ujian karena kemauan sendiri, karena mulai dari ujian praktek, sekolah dan terakhir nasional yang bersangkutan tidak ikut ujian,” ucap Irsan.

Melihat siswanya mulai malas masuk sekolah, pihak sekolah mencoba menghubungi orangtua Adrian namun yang bersangkutan tetap ikuti ujian. “ Sekolah sudah hubungi orangtuanya, tapi kenyataannya Adrian tak ikut ujian, sehingga tinggal 201 siswa yang ikut ujian,” sambungya.

Pelaksanaan UNBK selama empat hari, Senin sampai Kamis ini ada empat mata pelajaran yang diujiankan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam.  

Irsan bilang jumlah monitor dan peserta ujian tidak berbanding lurus, karena pihak sekolah mengambil langkah dengan membagi tiga sesi atau tahap. Sesi pertama diikuti 67 peserta dan tahap ketiga 68 peserta. “ Ini karena komputernya hanya 69 unit,” katanya seraya mengaku mendapat kendala hari pertama UNBK.

Lain di Morotai, lain di Halmahera Barat. UNBK di SMP Pabos Jailolo justru berjalan lancar tanpa gangguan. Kepala SMP Pabos Kun Sahlan menuturkan, di hari pertama UNBK di Laboratorium SMK Negeri 1 Halbar itu diikuti 44 siswa.

“ Ujian dibagi Dua sesi. sesi pertama pukul 08.00 sampai pukul 10.00 pagi, dan sesi kedua pada pukul 10.30 sampai pukul 12.30 siang. Persesi diikuti 22 siswa,” jelasnya. (fix/haryadi/red)
Komentar

Berita Terkini