|

Dispen Pultab Gelar Pelatihan Dapodik



TALIABU, BRN - Dinas Pendidikan  Kabupaten Pulau Taliabu  melaksanakan pelatihan data pokok pendidikan dasar (Dapodik) pada jenjang sekolah dasar. Pelatihan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat dan dihadiri dihadiri oleh kepala sekolah TK, PAUD, SD dan SMP se-Taliabu.

Kepala Dinas Pendidikan Pulau Taliabu, Fifian Ade Ningsi Mus dalam sambutannya memberikan arahan kepada para peserta untuk bisa serius dalam menerima materi dari pemateri. Ini menrutnya sangat penting.

Fifian menuturkan, keseriusan peserta mengikuti pelatihan dan menerima materi dari pemateri sangat berdampat positif. Mereka lebih memahami serta dapat mengaplikasikan pelatihan ini pada aplikasi dapodik nanti.

“ Karena pada 12 April 2019 sudah penginputan dapodik sudah clossing. Kami berharap dalam penginputan dapodik nanti tidak ada kendala, sehingga BAPPENAS juga sudah bisa melihat kebutuhan sekolah,” katanya, Sabtu (6/4).

Penginputan, lanjutnya, harus di perhatikan. Kesalahan penginputan berpengaruh pada penyaluran bantuan kedepan. Untuk mengantisipasi itu, kata dia, para peserta atau kepala-kepala sekolah agar dapat menguasai dan memahami tentang apa itu dapodik.

Selain memberikan semangat kepada peserta pelatihan, orang nomor satu di lingkup Dinas Pendidikan Pulau Taliabu ini membawa kabar segar bagi taman kanak-kanak (TK) dan pendidikan anak usia dini (PAUD). Kabar segar berupa bantuan khusus dari Kementerian Pendidikan RRI. “ Tahun depan nanti TK/PAUD di Taliabu dapat bantuan khusus dari kementrian,” katanya.

Sementara itu, Darmanto selaku ketua panitia pelatihan menambahkan, sasaran kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada kepala-kepala sekolah yang ada di Pulau Taliabu kepala sekolah dasar dan sekolah menengah pertama perihal pendataan dapodik 2019 dalam rangka perencanaan pendidikan dan pemberian bantuan DAK tahun anggaran 2019/2020. (her/red)
Komentar

Berita Terkini