|

Dinas ESDM Malut Gelar Bimtek SMKP

Sekertaris ESDM Malut : Amirudin

TERNATE, BRN - Dunia pertambangan akhirnya memiliki sistem manajemen keselamatan pertambangan. Hal ini ditandai dengan terbitnya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 38 Tahun 2014 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) Mineral dan Batubara.

“ Agar karyawan perusahaan pertambangan paham dalam penerapan peraturan ini,maka Dinas ESDM Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan yang diikuti oleh 45 perusahan tambang yang ada di Malut yang dilaksanakan di Muara Hotel pada Selasa (09/04/2019), kata Sekertaris ESDM Malut, Amirudin kepada media ini.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan Bimtek akan dilaksanakan selama tiga hari terhitung pada Selasa sampai dengan Kamis (11/04/2019) dimana masing-masing  perusahan tambang yang ada di Malut, diwakilkan satu orang untuk mengikuti Bimtek tentang sistem majemen keselamatan pertambangan yang sudah merupakan amanat undang-undang.

Kata dia, , sesuai dengan undang-undang no 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara telah memberikan pemaknaan mengenai mineral dan batubara yang terkandung dalam wilayah hukum pertambangan Indonesia sebagai kekayaan alam dalam memenuhi hajat hidup orang banyak tentunya mempunyai resiko bagi pekerja tambang sehingga dibutuhkan bimbingan teknis.

" Dalam kegiatan ini, tentunya akan diajarkan bagaimana mengatur tentang penerapan dalam mengendalikan resiko keselamatan pekerja tambang dan keselamatan operasi pertambangan agar menjadi pelopor penerapan pertambangan yang baik dilapangan, ”  ujarnya.

Selain itu, Pertambangan mineral dan batubara harus dilakukan secara bijaksana untuk memberi nilai tambah secara nyata bagi perekonomian nasional maupun daerah dalam mencapai kemakmuran dan kesejahteraan rakyat dalam memenuhi hajat hidup orang banyak, sesuai dengan undang-undang

Lanjut dia, sekedar diketahui dalam kegiatan Bimtek tersebut, telah dihadirkan tiga pemateri dari pusat untuk memberikan materi terkait dengan manajemen keselamatan dalam kerja bagi perserta tambang. (mn)
Komentar

Berita Terkini