|

Dapat Bantuan Armada Perang, Bupati Morotai Apresiasi TNI-AL

Pose bersama Bupati, Benny Laos beserta istri Danlanal, Danlanut, 
Kejari dan Kapolres Moroti di pelabuhan imam Lastory, Kamis (10/04)

MOROTAI,BRN - Kabupaten Pulau Morotai yang dipimpin, Benny Laos tak henti-hentinya mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat. Bagaimana tidak, setelah sebelumnya mendapat sejumlah bantuan dari pemerintah pusat.

Yang terbaru Kabupaten yang terletak dibibir pasifik ini, kembali mendapatkan satu unit armada kapal perang dari pemerintah pusat melalui Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) RI, sebagai bentuk Apresiasi. Pemkab Morotai memfasilitasi TNI-AL Morotai melakukan penyambutan terhadap kapal yang diberi nama "KAL Wayabulla 1-14-14" di pelabuhan Imam Lastory, Kamis (11/04) yang bakal beroprasi diwilayah perairan laut Pulau Morotai ini.

Bupati Morotai, Benny Laos bersama istri, Serly Djuanda, Danlanud Leo Wattimena, Kolonel Nav Arif Budianto. Danlanal Morotai, Letkol Laut (P) Kariady Bamgun, Kapolres Morotai, AKBP Mikael Sitanggang, Danramil 1508-05/Daruba, Mayor Inf. Mulhaman, Kajari Morotai, Supardi bersama Frokopinda dan personil TNI-AL hadir dalam acara sambutan kapal tersebut.

Bupati Morotai, Benny Laos dalam jumpa pers dengan sejumlah awak media, mengungkapkan ini sebagai awal dari kebangkitan pangkalan laut di Morotai. Program ini adalah program Presiden, Joko Widodo sesuai dengan nawa cita yang ketiga, yakni membangun dari pinggiran.

"Oleh sebab itu, akan ada pangkalan angkatan laut yang akan dibangun di Desa Pangeo Kecamatan Morotai Jaya dengan luas lahan 30 hektar dan seluruh armada akan ada disana. Secara otomatis akan ada banyak armada yang parkir, untuk menjaga wilayah perbatasan secara terbuka dari timur, utara jaya dan Selatan menghadap ke Asia Pasifik, "ucap Bupati.

Orang nomor satu di Pemkab Pulau Morotai ini menjelaskan, kedepannya pangkalan Indonesia di Asia Pasifik berada di Morotai. Oleh sebab itu Presiden bakal mempercepat pembangunan pangkalan di indonesia timur. "Di Sangowo akan dibangun komposit angkatan darat, di Morotai Jaya akan dibangun pangkalan angkatan laut, ditambah brimob di Morotai Selatan markasnya di Desa Waringin, "imbuh Bupati.

Menurut Bupati dengan begitu, secara otomatis pertahanan lengkap dan personil semakin hari semakin bertambah. "Minggu depan dari angkatan darat kurang lebih 40-50 personil bergeser ke Morotai, untuk itu Kodim juga harus dipersiapkan di Morotai sekaligus mempersiapkan komposit, sebagaimana amanat Presiden bakal percepat pembangunan terdepan Indonesia, yakni di Mororai, "timpal Bupati.


Bupati, Benny Laos beserta istri Danlanal, Danlanut, Kejari dan Kapolres Moroti di


"Jadi ini bukan yang pertama, tapi nanti akan ada yang kedua dan ketika bahkan nanti akan ada lebih besar lagi untuk menjaga pertahanan. Ini adalah basis untuk menjaga kedaulatan indonesia, menjaga perairan Morotai sekaligus perairan indonesia. Morotai akan menjadi basis dalam menjaga wajah indonesia di seputaran Asia Pasifik, muda-mudahan dengan armada yang ada dapat menjaga kedaualan laut kita, "harap Bupati.

Sementara, Danlanal Morotai, Letkol Laut (P) Kariady Bamgun mengatakan, Kal Wayabula ini adalah kapal patroli untuk wilayah lerja lanal Morotai, jadi dengan kehadiran Kal Wayabula tentu akan memperkuat jajaran TNI AL dalam bidang penegakan hukum di laut.

"Dengan kehadiran Kal Wayabula ini akan memperkuat penegakan hukum di laut. Selama ini banyak kita dapat informasi tentang ilegal fishing cuma belum bisa terjangkau oleh alat patroli kita yang ada, jadi dengan kehadiran Kal Wayabula kita bisa beroprasi di laut kurang lebih  tiga hari. Jadi dengan kehadiran kal wayabula apa yang diharapkan oleh pemerintah daerah dan pusat dalam kawasan ekonomi khusus dan perikanan akan kami dukung, "timpal Danlanal.

Lanjut Danlanal, alasan diberi nama Kal Wayabula sebagai simbol kabanggaan Morotai, dimana Wayabula salah satu kecamatan tertua di Morotai. "Dengan di kasih semboyan teo Morotai majajaga dengan artian menjaga laut Morotai jadi wilayah kerjanya di kepulauan Morotai, "tutur Danlanal.

"Sesuai skep panglima TNI nomor 645, ada lima pangkalan terpadu di seluruh Indinesia yang pertama sudah dibangun di Natuna. Dan Morotai prioritas ke tiga dan akan menjadi posisi yang sangat strategis untuk pertahanan negara kita, jadi ini akan bertahap kemungkinan dari pemda juga akan mengalokasikan dana untuk pembangunan pangkalan AL di sekitar Desa Pangeo. Ini akan terus bertambah. Selanjutnya kemumingkinan dermaga angkatan laut juga akan di bangun di Morotai dan bagaimana caranya juga akan dibangun pangkalan armada kapal selam. Jadi kedepan TNI akan terus di kembangkan di Kabupaten Pulau Morotai, "tegas Danlanal.

Terpisah, Kabag Humas Pemkab Pulau Morotai, Arafik M Rahman mengatakan, dengan adanya kedatangan kapal tersebut, bukan hanya menambah kekuatan dalam menjaga kedaulatan negara, tapi untuk  menjaga kekayaan laut Maluku  Utara dan Morotai dari nelayan asing dan mencegah peredaran Narkoba.

"Harapan saya dengan kehadiran TAK Wayabulla, memberikan kenyaman dan keaman bagi masyarakat Morotai dan kunjungan wisatawan lokal dan asing di Morotai, sebab Morotai merupakan distanasi 10 Bali baru, "singkat Opik sapaan akrab Arafik.  (Fix/red/Adv)
Komentar

Berita Terkini