|

Cetak Uang Palsu, Pria Ini di Ciduk Polisi

Pelaku Pang Menggunakan Kaos Orange 


TERNATE BRN
  - Diduga mencetak Uang palsu, pelaku yang betinisial JB akhirnya di Ciduk polisi pada hari Rabu (10/04/2019).

Dari laporan masyarakat maraknya peredaran uang palsu anggota Polsek selatan langsung bergerak dan berhasil mengamankan pelaku dengan mengamankan barang bukti berupa uang tunai pecahan Rp.100.000 sebanyak 18 lembar.

"Dari hasil interogasi, pelaku mengakui bahwa uang tersebut di buat sendiri dan langsung di belanjakan ke warung emperan jalan," Kata Kapolsek Ternate Selatan AKP Catur Erwin Setiawan dalam keterangan pers release di Mapolres Kamis (11/04/2019).

Catur menurunkan, pelaku juga mengakui menjalankan aksinya dari bulan Desember 2018 hengga kini, dan baru pertama kali membenlanjakan uang palu di warung-warung emperan jalan.

" Pengakuan pelaku seperti itu, makanya kami meminta kepada masyarakat bila merasa di tipu menggunakan uang palsu seperti ini, segera melaporkan ke Polsek Ternate Selatan," Pintanya.

Kata Catur, uang yang di  belanjakan ini di cetak menggunakan printer dan kertas HVS, dan contoh uang di download di internet " Untuk berapa banyak uang yang sudah di cetak sejauh ini belum mengetahui, karena pelaku mengakui hanya 18 lembar," katanya.

Untuk modus yang di lakukan pelaku kata Catur, pelaku bereaksi pada malam hari untuk membelanjakan uang tersebut.

"Biasanya pelaku membeli bensin, dan mengaku sebagai tukang ojek, sementara uang yang di belanjakan nomor serinya sama semua," ungkap Catur.

Sedangkan Barang Bukti (BB) yang di amankan anggota, Satu unit leptop dan satu unit printer dan sudah di amankan di Polsek Selatan.

"Leptop di gunakan untuk mengedit uang, printer di gunakan untuk print, dan dua box tinta printer," tambah Catur.

Untuk pasal yang di sangkakan untuk pelaku kata catur, Pasal Ayat 244 atau 245 KHU Pidana dengan ancaman maksimal 15 tahun Penjara (Shl/red)

Komentar

Berita Terkini