|

Pencairan DD Tersendat Dokumen APBDes

Muhlis Soamole
TALIABU, BRN - Akibat belum memasukan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), dari masing-masing Desa di Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) membuat proses realisasi pencairan Dana Desa (DD) di tahun 2019 belum juga disalurkan ke rekening desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Muhlis Soamole kepada awak media di ruang kerjanya, senin (11/3/2019) menuturkan, untuk mempercepat pencairan dana desa maka para kades harus cepat memasukan dokumen APBDes tahun 2019. Sebab, penyaluran DD oleh pemerintah pusat sudah terealisasi.

“ Saat ini para kades sudah bisa melakukan pencairan, tetapi harus memasukan dokumen APBDes, karena penyaluran DD dari pemerintah pusat melalui KKPN sudah tersalur ke kas daerah,” ungkapnya.

Lanjutnya, para kades yang telah mengajukan dokumen APBDes sudah bisa melakukan pencairan, karena sistem pencairan DD tidak seperti sebelumnya yang pencairannya masih dilakukan secara keseluruhan.

“ bagi desa yang sudah serahkan dokumen APBDes bisa langsung lakukan pencairan, sebab pencairannya tidak lagi seperti yang dulu,” terangnya.

Tambah muhlis, di tahun 2019 terjadi kenaikan DD dari anggaran sebelumnya, untuk itu dirinya berharap anggaran tersebut bisa di pergunakan sebaik - baiknya demi kemajuan pembangunan Desa.

“ Pada tahun 2019 ini, terjadi kenaikan DD  dari anggaran sebelumnya, untuk itu kami berharap agar anggaran tersebut dapat dilaksanakan dengan baik oleh seluruh kades di pulau taliabu demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan desa,” tutupnya. (her/red)
Komentar

Berita Terkini