|

Pemkab Morotai Benahi Pulau Mutiara dari Malut

PULAU DODOLA
MOROTAI,BRN - Pulau Morotai menjadi salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas atau 10 “Bali Baru’”. Pemerintah daerah terus membenahi infrastruktur dan fasilitas pendukung sektor pariwisata di pulau tersebut, salah satunya Pulau Dodola.

Pulau yang dijadikan sektor unggulan parawisata Pulau Morotai itu terus di benahi. Rp 7 miliar dikucurkan Pemerintah Pusat (Pempus) untuk menambah fasilitas pembangunan yang dianggap masih kurang ditempat tersebut.

“ Di tahun 2019 ini Dinas Pariwisata (Dispar) Morotai berhasil mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat senilai Rp 7 miliar lebih. Pemberian anggaran bernilai miliaran rupiah ini untuk pembangunan infrastruktur pariwisata di pulau Dodola,” ucap Kadispar Pulau Morotai, Nona N. Duwila, Selasa (12/3).

Nona bilang, anggaran itu difokuskan pada pengembangam dan perbaikan sejumlah fasilitas pendukung di Pulau Dodola. Pulau mutiara cantik dari Maluku Utara itu menjadi icon wisata Morotai rencananya dibuat jalan menuju wisata mangrove dan setepak keliling saling menghubungkan. “ Kami lanjutkan pengerjaan jalan mangrove dan jalan setapak dari titik satu ke titik lain,” kata Mantan Kepala BKD Morotai itu.

Nona mengemukakan, pengerjaan lanjutan sejumlah kegiatan di pulau tersebut untuk melanjutkan fasilitas dan sarana pendukung yang di bangun pada 2018 lalu. “ Pulau Dodola adalah sentral wisata di Morotai. Karena itu Pemkab Morotai melanjutkan dan melengkapi fasilitas dan sarana pendukung yang belum sempat di bangun tahun lalu,” katanya.

“ Fasilitas semua sudah ada, salah satunya jalan mangrove selesai di kerjakan. Tinggal fasilitas lain seperti gazebo, gazebo pun pembangunannya sudah hampir rampung.”

Pembangunan setapak sofenir, jalan menuju wisata mangrove, dan tempat sentral kuliner diakuinya selesai dikerjakan. Untuk fasilitas lain yang belum selesai dikerjakan, kata Nona tinggal gazebo ukuran besar. “ Adanya penambahan anggaran di tahun ini, maka fasilitas pendukung parawisata di Pulau Dodola bakal lengkap dan dapat dinikmati oleh wisatawan mancanegara maupun dari nusantara,” katanya.

Sekedar diketahui, Morotai merupakan satu dari 10 daerah destinasi pariwisata prioritas. Sepuluh destinasi wisata ini diistilahkan Menteri Pariwisata, Arief Yahya sebagai “10 Bali Baru”. Istilah ini merupakan makna kiasan dan lebih untuk memberi takanan agar “performance” masing-masing daerah bisa menyamai Bali yang setahun bisa mendatangkan empat juta wisatawan mancanegara.


(fix/red)
Komentar

Berita Terkini