|

Pekan Depan DD Disalurkan

Asnath Sowo
HALBAR, BRN - Kabar gemira kembali menyapa kepala-kepala desa di Halmahera Barat (Halbar). Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan  Desa (DPMPD) dalam waktu dekat mulai salurkan dana desa (DD) 20 persen ke rekening masing-masing desa.

Kabar gembira ini disampaikan Kepala DPMPD Halbar Asnath Sowo. Asnath menuturkan, penyaluran DD 20 persen hanya difokuskan pada desa yang sudah memenuhi syarat yang di tentukan. Dari jumlah desa yang ada, sebanyak 103 desa di Halbar dari 169 desa yang sudah memenuhi administrasi perlengkapan untuk menerima dana desa tahap pertama 20 persen.

“ Ketika persyaratan untuk penyaluran sudah di nyatakan lengkap, maka berdasarkan koordinasi dengan DPMPD dana tersebut langsung di salurkan ke rekening desa,” katanya, Rabu (27/3).

Sistem pencairan, lanjutnya, dilakukan paling lambat 7 hari setelah Pemerinta Pusat (Pempus) mentransfer ke kas daerah. Selain itu, penyaluran DD baru bisa dilakukan apabila desa tersebut persyaratannya sudah diverifikasi.  

“ Intinya uang negara harus dikelola secara akuntabel. Karena itu, pemerintah desa untuk segera menyelesaikan kewajibannya, termasuk menyegerakan penetapan APBDes bagi yang belum. Begitu juga kewajiban atas laporan penggunaan anggaran, sehingga bisa kita salurkan agar pelaksanaan pembagunan di desa bisa dilakukan,’’ jelasnya.

Meski mengkalim dalam waktu dekat bakal menyalurkan DD, Asnath mengaku saat ini masih menunggu penyaluran dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas umum daerah (RKUD). “ Senin pekan depan sudah ada DD yang bersumber dari APBN. Dan itu akan kami lanjutkan Ke desa masing-masing, jika sudah memenuhi sarat. (HARYADI)
Komentar

Berita Terkini