|

Muji Sebut Napi Kabur Di Bantu Kajaga Lapas Klas IIB Tobelo

Kepala Devisi Kemasyarakatan (Kadiv Pas) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham)
 Provinsi Maluku Utara (Malut) Muji Raharjo 
TERNATE BRN – Komandan Jaga Lapar Klas II B Tobelo akhirnya diberikan sanksi berat atas tindakan yang melanggar hukum, akibat dengan sengaja membawa salah satu Narapidana (Napi) Pencurian Moror (curanmor) atas nama Jepo untuk kelaur dari Lapas.

Kepala Devisi Kemasyarakatan (Kadiv Pas) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Maluku Utara (Malut) Muji Raharjo kepada wartawan Rabu (6/03/2019) membenarkan hal tersebut, bahwa narapidana yang kabur dari lapas tersebut dengan sengaja di keluarkan Komandan Jaga untuk pulang ke rumah napi.

"Kaburnya Narapidana (Jepo), ini kesalahan murni dari petugas, dan Kanwil sudah mengambil langkah tegas dengan cara memberikan sanksi berat” katanya.

Muji mengatakan, komandan jaga di berikan sangsi tindakan hukum berat, dan rencanaya di pindahkan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) lainnya yang ada di wilayah Provinsi Maluku Uatar " Wajib hukumnya yang bersangkutan harus di pidahkan yang jauh dari UPT Lapas Klas IIB Tobelo," tegasnya.

Surat keputusan (SK) sudah di keluarkan, untuk hukuman disiplin tingkat berat, sedangkan untuk napi (Jepo) yang kabur, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk secepatnya di tangkap." Hukumnya dari kanwil sudah di keluarkan melalur SK, sementara napi yang kabur,diserhkan sepenuh kepada kepolisian untuk segera menangkapnya, katanya.

Dirinya berjanji kedepnya kalau adan narapodana yang kabur dari penjara akan di cabut semua haknya karena telah melakukan pelanggaran. " Hak untuk menerima kunjungan, remisi dan lainya akan di cabut," tutupnya, tegasnya (shl/red)
Komentar

Berita Terkini