|

Mahasiswa Unkhair Bersama Pemuda Tanam Mangrove

Penyerahan anakan pohon bakau dari koordinator mahasiswa kubermas Desa Bobanehena, Suryadi Amir ke Kepala Bidang Kebersihan DLH Halbar, Jusri Hi. Yusuf

HALBAR, BRN - Mahasiswa Kuliah Berkarya dan Bermasyarakat (Kubermas) tahap II Universitas Khairun (Unkhair) Ternate bersama Karang Taruna Teluk Rapa Desa Bobanehena melaksanakan penanaman pohon mangrove di pesisir pantai Desa Bobanehena, Sabtu (30/3). Penanaman pohon mangrove secara simbolis oleh Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jusri Hi Yusuf.

Dalam sambutannya Jufri menjelaskan Undang-undang 23 tahun 1997 tentang lingkungan hidup. Bagi dia, penanaman mangrove yang dilakukan mahasiswa kubermas bersama pemuda begitu penting.

“ Dengan cara ini (menanam mangrove) tentu dapat menjaga ekosistem pantai serta mengantisipasi abrasi air laut yang berlebihan,” katanya seraya mengapresiasi program inti (unggulan) mahasiswa kubermas.

Ketua Karang Taruna Teluk Rapa Bobanehena Darwit Tani dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada mahasiswa kubermas tahap II dari Unkhair. Program ini membawa dampak positif bahkan luar biasa untuk masyarakat Bobanehena.

“ Karena dengan penanaman pohon mangrove ini dapat meningkatkan potensi pariwisata di Halbar pada umumnya dan khususnya di Jailolo. berharap kedepannya bisa di jadikan destinasi wisata hutan mangrove,” harapnya.

Sementara itu, koordinator kubermas Desa Bobanehena Suryadi Amir mengatakan, penamanan pohon bakau atau mangrove yang dilakukan itu sebanyak 100 pohon. Program menanam pohon bakau ini merupakan program unggulan selama kubermas di Desa Bobanehena.

“ Selain menyaring sampah, mangrove juga memliki banya fungsi. Seperti, menangkis hantaman gelombang dibibir pantai dan bisa di jadikan sebagai destinasi wisata,” katanya. (Haryadi)
Komentar

Berita Terkini