|

“ LEMON KITA”, Slogan Warga Ubo-ubo di Ajang Pojok

FARIDA R MUHAMMAD
TERNATE, BRN - Lomba renovasi pangkalan yang digagas Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Ternate bersama Ikatan Arsitek Indonesia-Maluku Utara (IAI-MU) cukup diminati anak-anak muda di tiap kelurahan.

Kelurahan Ubo-ubo, Kecamatan Ternate Selatan adalah salah satu dari sekian kelurahan yang mempersiapkan diri ikut serta dalam lomba pangkalan ojek (POJOK) tersebut. Kepala Kelurahan Ubo-ubo Farida R Muhammad dalam rilisnya menjelaskan secara singkat maraknya pangkalan ojek di jalan Jeruk Kelurahan Ubo-ubo, Kota Ternate.

Farida mengatakan, maraknya pangkalan ojek mulai muncul pada 2002 silam. Tempat dimana penyedia jasa ojeg berkumpul itu awalnya merupakan tempat nongkrong dan tempat simpul informasi warga setempat dengan kesibukan masing-masing aktifitas.

Namun adanya ajang POJOK ini merubah mindset anak-anak mudah. Kata dia, pangkala ojeg yang dulunya hanya tempat mengais rupiah, kini di alihfungsikan sebagai pos keamanan di lingkungan jalan Jeruk Kelurahan Ubo-ubo. “ Bahkan sekarang para warga mulai menyempatkan waktu saling bersilahturahim dan ajang nonton bareng (nobar) ”, katanya.

Melalui ajang lobi POJOK Disperkim ini, menurut Farida merupakan spirit untuk mencetuskan  konsep dalam kebersamaan untuk menjemput era millenial POJOK.  Serta menjadikan jendela informasi warga antar generasi sebagaimana slogan Kelurahan Ubo-ubo yaitu JIWAKU. “ JIWAKU mengandung semangat untuk bagaimana mengembalikan kejayaan kelurahan dan budaya leluhur dalam kebersamaan warga,” katanya.

Farida mengatakan, dalam lomba nanti sudah disiapkan slogan khusus. Slogan tersebut diambil dari cerita Kelurahan Ubo-ubo  tempo dulu.  “ Slogannya ‘LEMON IKAN’ yang berarti Lebih Enak Memilih Ojek, Ngantar Informasi, Kota Anda Nyata. Jeruk ikan (lemon cui /lemon ikan) dulunya ciri khas Kelurahan Ubo-ubo ”, ujarnya. (*)
Komentar

Berita Terkini