|

Komitmen Berikan Layanan Terbaik

Umar Imran Batubara
TERNATE, BRN - PT Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia (Persero) Cabang Ternate menggelar training budaya pelayanan di Grand Dafam Hotel, Rabu (13/3). Kegiatan yang sponsori Devisi Pelayanan PT ASDP Indonesia (Persero) itu diikuti pegawai dan staf ASDP Cabang Ternate.

General Manager (GM) ASDP Cabang Ternate, Umar Imran Batubara mengemukakan, komitmen ini menjadi penyemangat bagi setiap pegawai untuk berubah dan melakukan yang lebih baik bagi perusahaan. Yaitu, dengan memberikan layanan terbaik sesama pegawai serta pengguna jasa.

“ Training budaya pelayanan merupakan salah satu bentuk training yang bertujuan untuk membentuk komitmen dan tanggungjawab bagi setiap karyawan di internal ASDP untuk budayakan pelayanan “, kata Umar.   

Menurutnya, pelatihan atau training yang diikuti pegawainya itu bertujuan mengembangkan kesadaran. Jika wujud komitmen sesama pengguna jasa atau di internal perusahaan sudah dibentuk, maka berefek positif pada pelayanan prima bagi pengguna jasa. “ Training ini pada intinya agar mereka (karyawan) bisa berkomitmen untuk budayakan keselamatan, aspek keamananya, dan budaya ketertiban kebersihan kantor, maupun lokasi pelabuhan hingga kebersihan kapal “, ujar Umar saat ditemui di ruang kerjanya.

Mantan GM ASDP Cabang Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara itu mengatakan, komitmen bertajuk bersih yaitu gerakan kolektif dan kontinyu bagi seluruh jajaran manajemen dan karyawan untuk mengedepankan perilaku kerja bersih. Setiap pegawai harus berani keluar dari rutinitas, kebiasaan. Bagi Umar, masalah keluhan hakikatnya sesuatu yang berada di luar situasi normal atau di luar kebiasaan.

“ Untuk mengatasinya, kita harus berpikir, bersikap, dan bertindak di luar kotak. Kita harus berani bekerja di luar comfort zone ”, katanya sembari menambahkan, keluar dari kebiasan tidak berarti melanggar peraturan. Melainkan memberikan ruang yang lebih luas dan fleksibel dalam melihat masalah atau keluhan yang muncul.

Dia mengaku, ASDP Cabang Ternate termasuk 7 (tujuh) dari kantor cabang yang melaksanakan kegiatan tersebut. “ Budaya pelayanan cabang ini merupakan sebuah program yang pernah dilaksanakan PT ASDP Indonesia (Persero). Berharap, ouput dari kegiatan ini setiap petugas ASDP agar dapat memberikan pelayanan prima bagi sesama karyawan atau penguna jasa ASDP itu sendiri “, harapnya. (am/red)
Komentar

Berita Terkini