|

Komisi Akreditasi Beri RSUD Chasan Boesoirie Bintang V

Direktur RSUD Chasan Boesoire, DR Samsul Bahri

TERNATE,BRN - Meningkatkan pelayanan yang baik kepada masyarakat, pemerintah pusat menunjuk lembaga Independen Komisi Akredistasi Rumah Sakit untuk memberikan penilaian kepada seluruh rumah sakit di seluruh Indonesia, RSUD Chasan Boesoire Ternate berhasil mendapatkan predikat terbaik yakni bintang V bintang. Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur RSUD Chasan Boesoire, DR Samsul Bahri saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/3/2019).

“Tim akreditasi melakukan akreditasi pada tahun 2018 dan pengumuman pada bulan Februari lalu kami medapat nilai paripurna yaitu bintang 5, dari sebelumnya bintang 3 jadi ada peningkatan,” katanya.

Menurutnya, yang menjadi indikator dalam penentuan nilai akreditasi ada pada aspek pelayanan dan fasilitas yang disediakan, untuk memenuhi standar pelayanan baik sehingga mendapatkan nilai yang baik juga.

“Ada 16 indikator penilaian, dari aspek pelayanan maupun fasilitas, tapi segi pelayanan sangat penting karena fasilitas ini membutuhkan dukungan anggaran yang besar, aspek kebersihan dan ketersedian penangan kebakaran serta penunjuk arah bila terjadi bencana juga masuk dalam poin penilaian,” ujar ketua Ikatan Dokter Indonesia Maluku Utara ini.

Dia menyebutkan, RSUD yang dipimpinnya itu, menjadi salah satu dari 3 rumah sakit di wilayah Maluku dan Maluku Utara yang mendapatkan bintang 5, sementara 2 rumah sakit lainnya berada di Provinsi Maluku.

“Ini menjadi tugas berat bagi saya selaku pimpinan, karena harus mempertahankan prestasi yang sudah didapatkan, jangan sampai pada tahun depan nilai ini akan turun, sehingga peningkatan perlu terus dilakukan,” pungkasnya.

Di Maluku Utara, sebagian besar rumah sakit masih mendapatkan bintang satu dan bahkan ada 2 rumah sakit yang belum terakreditasi sehingga pihak BPJS Kesehatan memutuskan hubungan kerja sama dengan rumah sakit tersebut. (el/red)  

Komentar

Berita Terkini