|

Hari Pertama UNBK di SMK Bumi Moro Berjalan Lancar

Suasa pelaksanaan UNBK di SMK Bumi Moro, Pulau Morotai, Maluku Utara
MOROTAI, BRN - Hari pertama pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara berjalan lancar.

Seperti di SMK Bumi Moro, Kabupaten Pulau Morotai. Ujian yang diikuti 33 siswa itu nampak serius menyelesaikan soal di dekstop. Kepala SMK Bumi Moro, Yatman Taba menjelaskan, pelaksanaan berlangsung selama Empat hari dimulai Senin (hari ini) dan berakhir pada Kamis (28/3).

Dari 33 siswa yang mengikuti UNBK, lanjut Yatman, terdapat dua jurusan, yaitu jurusan pelayaran dan jurusan teknologi komputer jaringan (JTKJ). “ Para siswa akan diuji empat pelajaran. Bahasa Indonesia di hari pertama (hari ini), Matematika di hari kedua, Bahasa Inggris di hari ketiga dan hari terakhir akan diuji teori kejurian,” kata Yatman menjabarkan saat ditemui, Senin (25/3). 
  
Yatman mengaku kurangnya fasilitas komputer tak membuatnya putus asa. Pihak sekolah mengambil insiatif membagi dua sesi untuk memalisir terhambatnya pelaksanaan UNBK. “ Dari 33 siswa itu di bagi dua sesi. Sesi pertama berjumlah 21 siswa dan sisanya ikut di sesi berikutnya,” katanya sembari mengemukakan, langkah itu diambil untuk menyesuaikan dengan jumlah komputer, yaitu 21 unit.

Ditanya apakah ada kendala saat pelaksaan ujian berlangsung, dia mengaku ada. Selain hawatir listrik padam dan gangguan jaringan, Tiga unit komputer milik sekolah mengalami kendala saat UNBK berlangsung.

“ Salah satu alatnya (komputer) rusak, tapi setelah diperbaiki komputer kembali normal. Listrik dan gangguan jaringan seperti yang hawatirkan, alhamdulillah aman,” terangnya.

Yatman berharap listik dan jaringan tetap normal hingga selesainya pelaksanaan UNBK. “ Karena kalau sampe ini terjadi, maka ujiannya tidak bisa dilaksanakan. Karena itu harapan kami listrik dan jaringan tetap stabil sampe akhir UBNK,” harapnya. (fix/red)
Komentar

Berita Terkini