|

Diduga Kampanyekan Caleg, Bawaslu Lirik Benny Laos

Murjat Hi. Utung
MOROTAI, BRN - Dua puluh hari menjelang pencoblosan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif bisa di bilang ajang kepala daerah mencari titik aman. Keterlibatan dalam politik praktis pun mulai dilakukan secara terang-terangan.  

Seperi di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Sang Bupati Benny Laos diduga menyalahgunakan jabatannya dengan ikut mengampanyekan sejumlah calon legislatif (caleg), baik caleg kabupaten/kota, provinsi maupun caleg yang maju DPR-RI.

Dari sejumlah daftar nama caleg yang diduga dikampanyekan Benny tersebut salah satunya dari caleg DPR-RI daerah pemiihan Malut dari PDI-P. Nama-nama itu diantaranya, Fahri Haeruddin dari Partai Golkar, Suaib Hi. Kamil dari PKB, Sukri Ali dan Anghany Tanjung dari Partai Hanura. Ferry Lewasiwal dari partai PDI-P dan Erine Huiroba caleg DPR-RI dari partai PDI-P.   

Dugaan penyelahgunaan jabatan itu pun langsung di respon Bawaslu Morotai. Koordinator Devisi (Kordiv) Pengawasan Bawaslu Morotai, Murjat Hi. Utung dikonfirmasi menegaskan bakal lakukan investigasi.

“ Kejadian ini sama dengan dilakukan berapa kepala daerah di Indonesia dengan sengaja memberikan dukungan kepada Capres, dan yang pasti kami akan turun kelapangan lakukan investigasi mengumpulkan alat bukti terkait dengan kejadian yang terjadi,” terangnya.

Dia mengemukakan, informasi dugaan penyelahgunaan jabatan yang dilakukan Benny Laos dapat dijadikan informasi awal. “ Siapun dia, jika terbukti bersalah, kami akan tindak sesuai prosedur yang berlaku,” tegasnya. (fix/red)
Komentar

Berita Terkini