|

Bawaslu Pultab Telusuri Oknum Caleg ‘nakal’

Adidas Latea
TALIABU, BRN - Kurang lebih 19 hari menuju pencoblosa Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Bawaslu selaku pengawasan Pemilu tahun ini terus menggaungkan Pemilu yang aman dan mertarbat. Kampanye atau ajakan ini tentu  mendorong peartisipasi masyarakat untu berani menolak politik uang.
  
Deadline waktu kurang dari sepekan menyonsogn hari H tersebut  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pulau Taliabu terus menyiapkan diri untuk menghasilkan Pemilu yang berkualitas. Lembaga yang dipimpin Adidas Latea ini dengan tegas mengimbau kepada seluruh calon legislatif daerah pemilihan Pulau Taliabu (Pultab) untuk tidak mengajak pemilih terlibat dalam politik uang (money politc).    

Imbauan sekaligus peringatan keras itu dilontarkan Adidas Latea di acara diskusi bertajuk "bersama rakyat awasi pemilu dan mencegah terjadinya pelanggaran pemilu di Pulau Taliabu". Dalam diskusi tersebut para caleg diajak untuk tidak ikut serta encederai nilai demokrasi dengan cara melakukan money politic.

“ Untuk itu, Bawaslu Pultab mengimbau kepada 225 caleg yang ada di Dua Daerah Pemilihan (Dapil) Pultab untuk sama-sama menjaga nilai demokrasi. Untuk mewujudkan itu, para caleg harus mengajak pemilih untuk berani menolak money politic,” ajak Adidas.

Jika itu terjadi, lanjutnya, para pelaku money politic tetap di tindak tegas sesuai hukum dan undang-undang yang berlaku. Dia juga meminta kepada masyarakat Pultab berani laporkan praktik money politic ke Bawaslu untuk di proses sesuai dengan aturan.

“ Silahkan lapor ke jajaran kita (Bawslu Pultab), baik di panwas desa, panwascam, sehingga para caleg nakal ini segera ditindaklanjuti. Praktik untuk mendapatkan dukungan suara ini tidak dibolehkan dalam Pemilu,” katanya.

Adidas mengaku saat ini Bawaslu Pultab sedang melakukan penelusuran terhadap oknum caleg yang di duga melakukan money politic di Desa Woyo, Kecamatan Taliabu Barat. “ Sesuai informasi yang di terima, oknum caleg ini  bagi-bagi kaos (bukan kaos partai) saat berkampanye. Untuk memastikannya, saya sudah perintahkan Panwascam Taliabu Barat untuk melakukan penelusuran terhadap informasi tersebut, semoga secepatnya bisa kita tahu hasilnya,” terangnya. (her/red)
Komentar

Berita Terkini