|

Bawaslu Halbar Angkat Bicara

Alwi Ahmad
HALBAR, BRN - Bawaslu Halmahera Barat angkat bicara terkait banyaknya tempat sortir dan pelipatan surat suara (SS) di Halmahera Barat. di Halbar sendiri setidaknya ada empat lokasi sortir dan pelipatan SS, yaitu di SMAN 1 Halbar, SMK Dian Halmahera Kecamatan Sahu Timur, SMA Bina Insani Desa Hoku-hoku dan Aula Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Halbar.

Ketua Bawaslu Alwi Ahmad mengemukakan, pengawasan dilakukan tidak efektif lantaran banyaknya lokasi yang dijadikan tempat sotir dan pelipatan SS. Dia mengaku pihaknya selaku pengawas sudah menyurat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) perihal yang di maksud.

“ Surat keberatan yang keluarkan Bawaslu ke KPU itu meminta KPU untuk menetapkan satu tempat penyortiran SS sehingga pengawasan dilakukan secara efektif,” katanya, Jumat (23/3).

Dalam surat itu, lanjutnya, Bawaslu Halbar melayangkan surat keberatan ke KPU Malut, namun KPU Malut mengarahkan ke KPU Halbar. “ Tidak bermaksud mencampuri kewenangan KPU, tapi banyaknya tempat sortir dan pelipatan SS membuat pengawasan tidak efektif,” katanya.

Saat ditanya apakah sudah ada laporan berapa SS yang rusak, Alwi mengaku hingga memasuki tiga hari ini pihaknya belum menerima laporan progres SS yang di sortir dan di lipat. Hasilnya akan di sampaikan setelah proses sortir dan pelipatan SS selesai. “ Deadline yang berikan selama seminggu, nanti semua sudah selesai baru kita sampaikan berapa jumlah SS yang rusak,” jelasnya. (Haryadi)
Komentar

Berita Terkini