|

Tahun ini Kesultanan Ternate Bakal Expor Kopra Ke Philipina


   Ofa Firman Sjah dan Konsulat Jenderal (Konjen) Fhilipina, Oscar G. Orcine

TERNATE,BRN  Anjloknya harga Kopra membuat pihak Kesultanan Ternate tak tinggal diam, buktinya dalam waktu dekat akan berekersama dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Fhilipina di Manado, Oscar G. Orcine kini memasuki tahap II bisa dibilang sudah mencapai titik terang.

Rencana kerjasama ini sudah dilakukan pertemuan dengan Duta besar Philipina MR. LEEHIONG T. WEE. di Kantor Kedubes Phillipina di Jakarta tanggal 8 Februari 2019  dan ini akan ditindak lanjuti dengan tujuan menjawab jeritan petani kopra di Malut.

Firman Sjah kepada wartawan mengatakan, dari duta besar Philipina tidak sepakat adanya Kopra milik mastarakat Maluku Uatara di jual ke Bitung, dan dari Bitung expor ke Philipina. Akan tetapi dengan adanya kerjasa ini akan memutus mata rantai dan akan di ekspor langsung ke Philipina.

" Untuk Kopra rencanaya akan expor dari kabupaten Halmahera Barat (Halbar) ke Philipina, semua ini dilakukan demi petani kopra di malut" kata Ofa Firman Sjah kepada awak media Minggu (10/02/2019) d.

Dalam pertemuan sebelumnya pihak keduatan Philipina merespon. Kalau kuotanya sudah memenuhi, rencananya sebelum bulan Juni sudah di lakukan expor kopra ke Filipina" Tuturnya.

Dirinya berharap agar  dikemudian hari masyarakat dapat merasakan kenyamanan dengan adanya kerjasama ini untuk dapat meningkatkan taraf hidup lebih baik lagi. (shl/red)

Komentar

Berita Terkini