|

RTRW Halbar Bakal di Revisi

Ustam, Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan pengembangan daerah BP3D Halbar

HALBAR, BRN - Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (BP3D) bakal merevisi peta Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW). Revisi dilakukan selain melihat isyarat normatif Undang-undang (UU) nomor 26 tahun 2017 dan Peraturan Menteri (Permen) Agraria dan Tata Ruang (ATR) nomor 106 tahun 2017.

Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan pengembangan daerah BP3D Halbar, Ustam mengatakan, revisi dilakukan menyusul diskusi mendalam materi dokumen RTRW. Diskusi itu Bupati Halbar Danny Missy bersama Kepala BP3D Soni Balatjai menyimpulkan merevisi peta RTRW.

Selain melaui diskusi, kata dia, pihaknya juga sudah meminta tim ahli Kementerian ATR untuk melakukan survei dan penyusunan dokumen revisi RTRW. Ini dilakukan  karena sebagian besar subtansi dokumen RTRW dalam kurun waktu lima tahun terakhir di indikasikan tidak sesuai dengan kondisi perkembangan pembangunan di Halbar.

“ Revisi atau peninjauan kembali di lakukan sejak November 2018 lalu. Kajian ini memutihkan penyimpangan pemanfaatan ruang seperti perubahan kebijakan pembangunan, pengaruh ekonomi regional serta faktor alam dan perubahan sistem ruang,” kata Ustam saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/2).

Ustam mengemukakan, survei yang dilakukan pada November 2018 melibatkan tiga orang tim ahli Kementerian ATR. “ Ketiganya kembali survei pada Februai 2019   guna penyempurnaan laporan,” katanya.

Menurutnya, tujuan merevisi RTRW untuk menyiapkan dokumen tinjauan penyempurnaan rencana tata ruang wilayah Halbar. Sasaran peninjauan,salah satunya tersusunnya kajian peninjauan kembali (PK) RTRW Halbar 2012-2032 sesuai syarat Perda nomor 38 tahun 2012 tentang RTRW. (yadi/red)
Komentar

Berita Terkini