|

Penyakit DBD Di RSUD Chasan Boesoirie Meningkat 50 Persen

Busain Asagaf selaku Dokter spesialis anak di RSUD Chasan Boesoirie Ternate
TERNATE, BRN - Penyakit ‎Demam Berdarah Dengue (DBD) masih merupakan masalah kesehatan. Berdasarkan hasil hipotesa, penyakit yang disebabkan, nyamuk aedes aegypti danaedes albopictus, ini sebagian besar menyerang anak-anak. Hal ini disampaikan Dokter Spesialis Anak di RSUD dr.H Chasan Boesoirie Ternate, Busain Asagaf kepada awak Media Rabu (13/02/2019).

Menurutnya, sesuai data RSUD Chasan Boesoirie Ternate, penyakit DBD ini terus meningkat hingga 50 persen. Dimna rata-rata Pasien yang dalam beberapa bulan terakhir ini mengalami penyakit DBD mencapai 50 persen.

" Biasanya anak-anak ketika demam, dan terlambat dibawa ke rumah sakit di atas hari ke empat maka biasanya anak tersebut datang dengan kondisi shyok, dan bisa mengakibatkan meninggal dunia" katanya.

Ia menuturkan, untuk pasien yang mengalami penyakit tersebut diharapkan   datang lebih awal sebelum hari ke 4 agar bisa diberikan pertolongan sebab  penyakit ini sangat berbahaya dan mematikan.

" Di RSUD Chasan Boesoirie  sudah ada penderita DBD yang meninggal beberapa bulan yang lalu yang disebabkan  keterlambatan pasien chek up ke RSUD, " ujarnya. 

Kata dia, dalam pencegahan Penyakit DBD caranya adalah menanam tanaman anti nyamuk, memberikan bosen anti nyamuk, di saat pagi dan sore hari untuk mencegah penyakit DBD.

" Usia yang paling rentan kena DBD itu paling banyak pada anak-anak di atas satu tahun, bukan hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa juga bisa terkena penyakit DBD, tutupnya (Shl)

Komentar

Berita Terkini