|

Ampera Desak DPMD Evaluasi Panitia BPD di Desa Sangowo Timurr



Ketua Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat (Ampera) Morotai, Julkifli Samania,
MOROTAI, BRN -  Desak kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Pulau Morotai segera mengevaluasi kembali panitia pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Sangowo Timur, Kecamatan Morotai Timur (Mortim). 
Hal ini disebabkan, karena rekomendasi Kades, Hamdani Dj yang menunjuk langsung ketua BPD, Iji sebagai ketua panitia BPD bertentangan dengan aturan, dimana seharusnya panitia pemilihan BPD ditunjuk langsung DPMD.

"DPMD harus turum tangan untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi, masa ketua BPD ditunjuk Kades untuk jadi ketua panitia pemilihan BPD, ini kan aneh, "ucap Ketua Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat (Ampera) Morotai, Julkifli Samania, Senin (05/02).

Menurutnya, didalam sistem negara demokrasi seorang tidak diperbolehkan memegang jabatan lebih dari dua. Sayangnya apa yang dilarang sistem negara ini dilakukan oleh Kades. Bahkan pemilihan anggota BPD ketua panitianya adalah ketua BPD aktif.

"Jika hal ini dibiarkan, maka sama halnya Kades dianggap membiarkan masalah yang terjadi di Desa. Perlu saya tegaskan anggota BPD aktif haram hukumnya menjadi ketua panitia pemilihan BPD, "imbuhnya. 

Karena menilai apa yang dilakukan Kades bertentangan dengan sistem negara, olehnya itu dirinya meminta Kades segera membatalkan rekomendasi anggota BPD aktif sebagai ketua panitia pemilihan BPD.

 "Saya berharap Kades agar segera menarik kembali apa yang telah dilakukan, jika tidak saya akan bawa persoalan ini ke pihak DPMD, "ancamnya.

Sementara Kades Sangowo Timur, Hamdani Dj belum berhasil dikonfirmasi terkait persoalan yang dimaksud, hingga berita ini diturunkan.  (Fix/red)


Komentar

Berita Terkini