|

Ajak Warga Jaga Toleransi Umat Beragama

Syahril Abduradjak / Foto: Istimewa
HALBAR, BRN - Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mengajak masyarakat untuk tetap menjaga toleransi antar umat beragama. Ajakan tersebut disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Halmahera Barat, Syahril Abduradjak saat menghadiri acara peringatan Haul ke-50 tahun di Desa Galala Kecamatan Jailolo, Rabu (13/2).

Menurut Syahril, ajakan saling menjaga tolenransi sesuai dengan visi misi Pemkab Halbar yaitu, mewujudkan masyarakat Halbar yang cerdas, religius, berbudaya, sehat sejahtera, yang bersorak dan berintegritas.

Pemkab Halbar, kata dia, menerapkan lima perioritas pembangunan, salah satunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara moril, materi, spritual berlandaskan sendi-sendi keagamaan.

“ Olehnya itu, melalui Haul dengan tajuk “masyarakat Idamdehe Gamsungi memeluk agama” dapat merumuskan implementasi nilai ketuhanan yang terkandung dalam Pancasila,” ujar Sekkab.

Orang nomor tiga di lingkup Pemkab Halbar ini mengatakan, melalui momentum Haul ke-50 ini dapat menjadikan agama sebagai salah satu dari empat pilar kebangsaan melalui aktualisasi nilai-nilai pancasila sebagai dasar filosofis atau pandangan hidup bagi Indonesia merdeka. Dengan membumikan nilai-nilai pancasila seperti nilai ketuhanan, nilai kemanusian, nilai persatuan, nilai Permusyawaratan dan keadilan sosial.

“ Maka saya yakin dan percaya bahwa bangsa ini akan dapat meraih kejayaan, olehnya itu, nilai nilai itu harus di implementasikan dalam sanubari bangsa, sehingga pancasila hidup dan berkembang sampai di pelosok jazirah halbar yang kita cintai,” ujarnya. (yadi/red)
Komentar

Berita Terkini