|

Tingkatkan Kualitas Pemilu, KPU Morotai Rekrut Relawan Demokrasi

M. Takdir Abdul Aziz

MOROTAI, BRN - Pesta demokrasi 2019 semakin dekat. Sisa waktu kurang dari 86 hari menjelang hari H Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Morotai terus memantapkan personil, relawan hingga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu pemantapan saat ini, KPU Morotai merekrut relawan demokrasi. Perekrutan alam rangka menyukseskan pemilihan legeslatif dan presiden ini rencanya di umumkan Sabtu besok.

Devisi  SDM KPU Morotai, M. Takdir Abdul Aziz mengatakan, sebanyak 114 peserta mendaftarkan diri sebagai relawan demokrasi. 96 peserta diantaranya  sudah melakukan tahapan wawancara di Kantor KPU Morotai. “ Relawan yang dibutuhkan hanya 55 orang saja,” kata Takdir, Jumat (18/1).

Menurutnya, relawan demokrasi di bentuk untuk meningkatkan kualitas proses Pemilu dengan melibatkan peran masyarakat. Tugas relawan sendiri melakukan sosialisasi kepada masyarakat selama tiga bulan di masing-masing kecamatan yang tersebar di Morotai.

“ Setelah pengumuman, akan ada bimtek kepada peserta yang lolos, kemudian di setiap kecamatan di bagi sebanyak 11 orang dan kerja mereka hanya melakukan sosialisasi,” terangnya. 

Selanjutnya, kata Takdir, relawan mensosialisai dengan sasaran dan pendidikan pemilih kepada basis pemilihan keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, kelompok perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus dan kaum marijinal, komunitas, keagamaan serta warga internet. “ Hal ini tentu  menjadi perhatian kami dalam upaya melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat,” jelasnya.

“ Berharap dengan pembentukan relawan demokrasi ini Pemilu 2019 bisa berjalan lancar dan aman,” sambungnya. (fix/red)
Komentar

Berita Terkini