|

Sambut Konwil ke-XV, PII Malut Gelar Bacarita Pemilu

Zulkifli Sugiarto 
TERNATE, BRN - Pelajar Islam Indonesia (PII) Maluku Utara merencakan melaksanakan kegiatan "Bacarita Pemilu 2019" pada Kamis (31/1) nanti di Losmen Kita Kelurahan Stadion Kecataman Kota Ternate Tengah. Agenda dalam rangka menyambut Konfrensi Wilayah (Konwil) ke-XV ini bertajuk "Pemilih pemula antara kesadaran dan formalisme demokrasi".

Ketua panitia Konwil ke XV PII Malut, Zulkifli Sugiarto dalam rilis yang diterima media ini menjelaskan, alasan panitia menggelar Bacarita Pemilu karena selama ini pemilih pemula hanya menjadi pemanis demokrasi guna melengkapi mekanisme formaliatik di setiap momentum politik.

“ PII sebagai organisasi yang basis kadernya itu hampir sebagian besar pemilih pemula, maka penting kiranya ini diskusikan. Apalagi, disetiap momen politik pemula tidak mendapatkan pendidikan politik yang bermutu,” ungkap Zulkifli.

Apabila di lihat lebih jauh, pemilih pemula adalah embrio demokrasi, sehingga pendidikan politik sejak dini itu sangat penting, termasuk soal kesadaran berdemokrasi.

“ Saya kira ini adalah cita-cita kita bersama agar pendidikan politik sejak dini sudah harus dilakukan. Jangan menunggu nanti momentum politik tiba,” urai Zulkifli yang juga Kabid Kaderisasi PD PII Kota Ternate ini.

Alasan inilah, makanya di momentum Konwil ke XV ini panitia mengangkat isu pemilih pemula di Bacarita Pemilu 2019. Tema ini nantinya didiskusikan bersama narasumber dari Bawaslu dan KPU Malut, Dr. Herman Oesman dan pengurus besar (PB) PII, Dedi Nur Sidik.

“ Bacarita Pemilu ini akan dihadiri pengurus OSIS SMA/SMK/MA se Kota Ternate,” katanya. (brn)
Komentar

Berita Terkini