|

Pebangunan Bandara AHM Masih Terkendala Studi Kelayakan

Ibrahim Tidore

TALIABU, BRN - Pembangunan bandar udara Salahakang  Ahmad Hidayat Mus (AHM) masih terkendala izin penetapan lokasi. Bandar udara yang rencananya di bangun di Pulau Taliabu itu masih disiapkan dokumen studi kelayakan bandara

Ihwal tersebut diutarakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulau Taliabu, Ibrahim Tidore. Ibrahim mengatakan, terkendalanya rencana pembangunan bandara Salahakang AHM karena masih menunggu dokumen studi kelayakan dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Pengerjaan baru bisa dilakukan apabila Kemehub menyetujui dokumen studi kelayakan.     

“ Masih dalam tahap persiapan dokumen. Kalau dokumen lain seperti dokumen rencana induk bandara, dokumen amdal, dan dokumen rencana tata ruang bandara itu sudah ada. Dokumen perencanaan yang lain untuk mendapatkan izin penetapan lokasi, alhamdulilah sudah ada beberapa yang sudah final,” katanya.

Selain menunggu studi kelayakan bandara, kata dia, saat ini pihaknya intens berkoordinasi dengan pihak Kemenhub mengenai tim subdit kelayakan kebandaraan yang didalamnya memuat beberapa catatan revisi dokumen studi kelayakan untuk dipresentasikan ulang studi kelayakannya. “ Dalam waktu dekat ini kami mengupayakan untuk mendatangkan tim teknis dari subdit kelayakan kebandaraan di Taliabu,” katanya.  

untuk melihat langsung semua dokumen dan kondisi fisik lahan perencanaan pembangunan bandara apakah sesuai dengan dokumen yang telah disiapkan atau tidak,” katanya.

Menurutnya, tujuan mendatangkan tim subdit kelayakan kebandaraan untuk melihat langsung semua dokumen dan kondisi fisik lahan perencanaan pembangunan bandara apakah sesuai dengan dokumen yang telah disiapkan atau tidak. “ Karena tahun ini kami fokus pada pemantapan dokumen studi kelayakan untuk mendapatkan izin penetapan lokasi,” terangnya. (her/red)
Komentar

Berita Terkini