|

Panwascam Tertibkan 40 APK Pemilu

Penertiban APK di Kelurahan Ngade Kecamatan Kota Tenate Selatan 

TERNATE, BRN - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Ternate Selatan menertibkan sedikitnya 40 alat peraga kampanye (APK) para calon legislatif. Ke-40 APK yang tertibkan tersebut karena di anggap melanggar ketentuan.  

Ihwal ini di utarakan Kordiv Pengawasan dan hubungan Antar Lembaga Panwaslu Ternate Selatan, Iskar Hukum. Mantan Presiden BEM F-KIP Universitas Khairun Ternate ini menjelaskan, penertiban APK itu berdasarkan UU NO 7/2017 tentang Pemilu dan Perbawaslu RI NO 28/2018 tentang pengawas kampanye pemilihan umum serta PKPU NO 28/2018 perubahan atas PKPU NO 23/2018 tentang kampanye pemilu.  

“ Serta Perwalikota Ternate NO 8/2013 dan edaran KPU Propinsi NO 154 dan 157. Itu yg menjadi asas kita dalam menertibkan APK Pemilu 2019,” jelas Iskar usai penertiban APK, Jumat (18/1).  

Pria yang akrab disapa Ikal ini mengatakan, penertiban yang dilakukan pada hari ini sebagai tidaklanjut giat gabungan pada Kamis kemarin yang sempat di hentikan karena kondisi cuaca. Sementara petugas yang diturunkan meliputi Bawaslu dan KPU  Kota Ternate, Polres dan Pemkot Ternate.

Penertiban itu, kata Ikal, tidak semua APK di tertibakan. Yang di tertibkan hanyalah APK di luar ketentuan dan posko pemenang yang mengatasnamakan pribadi caleg. Dia mengaku saat ini tinggal beberapa kelurahan yang belum di tertibkan APKnya. Agenda penertiban tetap berlanjut beberpa hari kedepan. Sebab besok dan lusa nanti bawaslu mengagendakan bimbingan teknis. “ Giat penertiban yang dilakukan hari ini melibatkan Panwascam, staf, PPL dan PPK Ternate Selatan dan jajaran PPS, serta Polsek Sektor Selatan,” katanya.

“ Kepada para peserta Pemilu 2019 di harapkan dapat mengikuti ketentuan dalam pemasangan APK,”  imbuanya. (mal/red)
Komentar

Berita Terkini