|

Bupati Halsel Imbau Masyarakat Jangan Panik




Sejumlah Warga Masih Mengungsi 

Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba
 LABUHA,BRN – Lewat halaman facebook Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba dengan nama akun Facebook H Bahrain Kasuba M.pd, mengimbau kepada kepada masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan agar tidak panik dengan gempa yang terjadi.
Terjadinya Gempa berkekuatan 5,1 Scala Ricther (SR) pada Sabtu (5/1/19) sekitar pukul 10:55 WIT. Gempa yang terjadi, disarankan agar lebih melindungi diri jika gempa kembali terjadi dengan kekuatan besar “ Baru saja kita rasakan kekuatan Allah SWT, berupa  gempa  diwilayah Halsel.

“Saya mengimbau agar panik dan tetap tenang, tulis Bahrain di akun facebooknya, jika Gempa terjadi saat anda berada di dalam rumah, agar segera cari tempa berlindung” tambahnya.

Setelah Bupati Halsel Bahrain Kasuba mengeluarkan Himbauan melalui akun Facebooknya  tersebut, masyarakat kabupaten Halsel merasa kuat untuk bertahan di rumahnya masing-masing namun ada sejumlah masyarakat di beberapa desa harus memilih mengusi di areal pegunungan diantaranya desa Labuha, Tuwokona dan Desa Kubung.
Pengungsi Yang Berada di Area Keringgian
Selain desa di areal kota Labuha, juga terdapat beberapa desa yakni Desa Bahu, Jiko dan Galala juga memelih untuk mencari posisi aman di pegunungan. Alasan mencari areal ketinggian ini untuk selalu waspada apabila gempa susulan.

Sejak 10.55 sampai pada pukul 17.15 wit Kabupaten Halsel di guncang gempa sebanyak 11 kali ini membuat warga tetap waspada dan mengungsi pukul 11 . 00 wit hingga pukul 6.30 masih bertahan di masing di tempat pengungsian.

Meski berada di pengunsian,akan tetapi hingga kini pemerintah dan DPRD setempat belum memiliki perhatian ungkap salah satu pengungsi Nur kepada reporter brindonews.com Nur abtu (05/01/2019).

Pemerintah jangan hanya mengeluarkan himbauan, tetapi harus memeperhatikan masyarakat yang saat ini berada di pengungsian. “ Kami disini sudah lapar namun tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah Daerah maupun DPRD Halsel olehnya itu kami butuh perhatian dari pemerintah kabupaten Halmahera Selatan. Kejadian alam terjadi tidak ada yang bisa menjamin potensi Bencana alam. (Bur/red)

Komentar

Berita Terkini