|

Bupati Halbar Lantik 46 Kepala Desa


 
Proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Desa Terpilih. 

HALBAR, BRN -  Bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy, Selasa (22/1/2019) lantik 46 kepala Desa terpilih dari 73 kades. Pelantikan ini dipusatkan di kantor Camat Sahu Timur.

Pelantikan kades terpilih dibagi dua tahap yakni tahap pertama sebanyak 46 kades yang tersebar di empat Kecamatan yakni Kecamatan Jailolo, Jailolo Selatan, Sahu dan Sahu Timur, itu yang dipusatkan di Kantor Camat Sahu Timur. Sementara pelantikan tahap kedua sebanyak 26 kades yang dijadwalkan Rabu (23/1/29) yang tersebar di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Ibu, Kecamatan Ibu Selatan, dan Kecamatan Loloda. 

Dalam sambutanya, Bupati Halbar Danny Missy mengatakan, otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan atas prakarsa serta kemampuan daerah. Pemerintah daerah berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi bagi desa – desa, yang berada di wilayahnya, sehingga pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat di desa dapat tercapai.

Kata dia, adanya otonomi Desa, telah memiliki kewenangan hak asal usul desa disamping kewenangan lain, berdasarkan peraturan perundang-undangan, diantaranya, menetapkan peraturan desa, menyelenggarakan pemerintahan desa, memiliki pimpinan pemerintah desa, memiliki kekayaaan desa, menggali dan menetapkan sumber-sumber pendapatan desa dan menyelesaikan perselisihan masyarakat Desa.

" Jadi, dalam penyelenggaraan kewenangan desa dibutuhkan kepemimpinan Desa (Kades) yang mumpuni, memahami kebutuhan Desa serta masyarakat," ujarnya.

Lanjut Danny, proses pemilihan kades telah diatur dalam peraturan perundang-undangan, mekanisme serta persyaratan yang mampu memunculkan Kades yang didukung sebagaian besar masyarakat Desa.

" Sesungguhnya Kades itu mengemban amanah yang tidak ringan, Kades harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri diatas semua kepentingan masyarakat Desa," pintanya.

Orang nomor satu Halbar juga mengatakan, Dalam penyelenggaraan Pemdes perlu ditumbuhkembangkan partisipasi dan peranserta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan. Dan pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelanggaraan pemerintah khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di desa senantiasa ditonjolkan.

" Untuk itu, saya mengharapkan kepada seluruh Kades yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik dan bersandar pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," tutup Danny.

Pelantikan ini dihadiri Ketua DPRD Halbar, Julice D. Baurah, Dandim 1501 Ternate, Letkol Inf Bambang Sugiarta, Kajari Halbar, A. A.G Satya Makandea, Para Anggota DPRD Halbar, Mewakili Danyonif RK 732 Banau Lettu Inf Adega, mewakili Kapolres Halbar, Kapolsek Jailolo Iptu La Badau Para Asisten dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Halbar, Danramil 1501-04 Sahu, Lettu Inf Said Taib, Kapolsek Sahu Ipda A. Kahfi Z, SH dan Para Camat se  Halbar.(Yadi/red)


Komentar

Berita Terkini