|

Bawaslu Morotai Ajak Kwartir Sukseskan Pemilu Damai

Murjad Hi. Untung
MOROTAI, BRN - Menyukseskan pemilu yang damai dan kondusif tidak serta merta tanggung jawab penyelenggara pemilu. Peran aktif semuak pihak  bisa menciptakan situasi yang damai dan kondusif menjelang pemilihan umum legislatif dan Pilpres 2019. Karena itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai mengajak Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Morotai untuk sukseskan pemilu damai dan bermartabat.

Ajakan ini disampaikan Koordinator Devisi (kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Morotai, Murjad Hi. Untung. Dia mengatakan, pihaknya menyelipkan sosialisasi pemilu damai dalam agenda perkemahan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Morotai pada 9 Februari nanti di Kecamatan Morotai Timur (Mortim). Selain pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat, menurutnya, pemilu juga sarana aktualisasi partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan dalam penentuan jabatan publik.

“ Sebagai pemegang kedaulatan, posisi masyarakat dalam pemilu ditempatkan sebagai subjek termasuk dalam mengawal integritas pemilu, salah satunya melalui pengawasan pemilu yang melibatkan masyarakat atau kelompok seperti Kwartir Pramuka Morotai,” ucap Murjad dalam rapat bersama Ketua Kwartir Cabang Morotai, Senin (28/1) kemarin.

Menurut Murjad, upaya untuk menyukseskan pemilu perlu melibatkan atau mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat dalam partisipasi pengawasan. Termasuk melibatkan Gerakan Pramuka  sebagai pemilih pemula untuk berperan aktif dan diberikan pemahaman dalam kegiatan perkemahan Adyasta Pemilu nanti.

Sementara Ketua Kwartir Cabang Morotai, Muhammad M. Kharie menuturkan, pemerintah daerah mendukung sepenuhnya kegiatan perkemahan Adiyatsa pemilu pada  9 Februari dalam waktu dekat ini.

“ Kerja sama antara Kwarcab Morotai dengan Bawaslu ini, perlu dilaksanakan. Sebab, ini dalam rangka memberikan pengenalan tentang penyelenggaran pemilu secara dini dan gerakan kepramukaan perlu dijadikan sebagai tempat belajar, berorganisasi, bergotong-royong dalam bentuk memupuk persaudaraan dan membina kerukunan antar sesama,” katanya.

Sekretaris Kwartir Cabang Morotai, H. Abdul Karim menambahkan, pihaknya akan menyiapkan draft tata laksana kegiatan perkemahan Adyaksa Pemilu 2019 pada 9 Februari di Bumi Perkemahan Kecamatan  Morotai Timur.

Perkemahan ini kata dia sangat penting bagi pelajar SMA/Sederajat yang sudah memasuki jenjang penegak bantara, penegak pandega dan penegak laksana.

“ Peserta yang akan di persiapkan sebabyak 100 penegak dan  panwas kecamatan se-Kabupaten Pulau Morotai,” kata Abdul Karim yang juga Kabag Humas dan Protokeler Setda Morotai itu. (fix/red)
Komentar

Berita Terkini