|

Wabup Halsel Akui (ada) Masaalah di Desa Gunange

“Nama Bupati Jadi Senjata Kades”
ISWAN HASYIM
LABUHA, BRNPenantian masyarakat Desa Gunange, Kecamatan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) atas terbongkarnya “fael” busuk Plt. Kepalanya Farid A. Samud bisa di bilang berbuah hasil. 

Satu persatu “fael” Farid mulai muncul ke permukaan. Bahkan, dugaan ketua dan sekretaris serta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gunange terhadap kejahatan Farid di akui Wakil Bupati (Wabup) Halsel, Iswan Hasyim. Terungkapnya “gelap” pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) sejak 3 tahun terakhir (2016 - 2018) ketika Wabup Halsel memonitoring di Desa Gunange.

Iswan Hasyim ketika dikonfirmasi Brindonews.com mengakui menemukan sejumlah kegiatan pembangunan yang bersumber dari DD sejak tahun 2016 hingga tahun 2018 belum diselesaikan. Yakni pembangunan kantor desa di tahun 2016, pembangunan talud penahan ombak 2017, dan pengadaan katinting 30 unit di tahun 2018 yang baru diselesaikan 21 unit.  

“ Saya menemukan itu pada saat melakukan monitoring,” akuh Wabub.

Selain itu, pengakuan sejumlah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Gunange, Farid A. Samud juga jarang berada di desa (sering keluar daerah). Bahkan Farid juga mengaku menjadi orang kepercayaan Bupati Halsel, Bahrain Kasuba, sehingga seenaknya mengabaikan kepentingan masyarakat dengan kelalaiannya mengelola ADD dan DD.

Farid A. Samud juga sering mengancam pegawainya jika tidak mengikuti keinginannya. “ Dia kase tau di PNS kalau ada yang macam-macam, kades langsung lapor bupati untuk di mutasi,” kata Sekertaris BPD Gunange, Wardi S. Rope.

Sementara Plt. Kepala Desa Gunange, Farid A. Samud dikonfirmasi Brindonews.com, membenarkan terdapat sejumlah kekurangan pekerjaan tersebut. Ia mengatakan, kekurangan volume diakibatkan karena ada perubahan volume pada saat proses pekerjaan berjalan.

Farid juga mengakui jarang berada di desa Gunange. Sedangkan terkait orang dekat Bahrain Kasuba, dia mengungkapkan, kedekatan dirinya dan orang nomor satu di Pemkab Halsel itu karena dirinya menjadi tim sukses (Timsus) pada pemilihan Bupati 2015 lalu.

“ Bahwa yang menyampaikan pengaduan terkait dengan kinerjan (saya) yang tidak lain adalah anggota BPD Gunange yang tidak tergabung sebagai tim Bahrain pada pemiluhan lalu,” katanya. (saf)

Komentar

Berita Terkini