|

Sosialisasi Integrasi Pembangunan Desa



HALBAR, BRN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-PD) Halmahera Barat (Halbar) menggelar sosialisasi integrasi sistem informasi pembangunan berbasis masyarakat ke dalam sistem perencanaan desa, Jumat (7/12).

Sosialisasi bertujuan mempermudah penyelesaian masalah pembangunan desa tersebut dilangsungkan di Hotel D'Hoek Desa Hatebicara dan diikuti para camat, kades serta BPD se-Kabupaten Halbar.

Kadis DPM-PD Halbar, Asnath Sowo mengatakan, sosialisasi merupakan sebuah langkah maju dan sangat strategis. Karena menurut Asnat, hadirnya para camat, kades serta unsur pemerintahan desa dalam sosialisasi memiliki arti yang sangat strategis dalam pencapaian tujuan dan program pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa secara efektif di tiap lokasi.

“ Melalui kegiatan sosialisasi, berbagai kegiatan dan program dapat dikomunikasikan dan permasalahan yang terjadi dapat dicarikan alternatif penyelesaiannya secara musyawarah yang komprehensif dan sistemik,” katanya.

Sistem informasi pembangunan berbasis masyarakat merupakan sistem informasi yang dikembangkan untuk membantu meningkatan kinerja pembangunan. Asnat menilai, partisipasi masyarakat baik dalam perencanaan, implementasi maupun dalam pelaporan sangat membantu berkembangnya desa.

“ Kembangkan dialog dua arah secara konstruktif dalam kegiatan sosialisasi untuk mendukung terlaksananya sistem integrasi pembangunan berbasis masyarakat kedalam sistem pembangunan desa,” ujarnya seraya menngatan sosialisasi tersebut dibiayai oleh APBN melalui Satker P3MD DPM-PD Provinsi Malut. (Yadi/red)
Komentar

Berita Terkini