|

Sekda: SKPD Tak Capai Target PAD (tetap) Dievaluasi

Sekda Halbar, Syahril Abd Radjak

HALBAR, BRN - Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Halbar siap-siap di evaluasi akhir tahun ini. Langkah ini bermaksud mengetahui sejauh mana pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dibebankan setiap SKPD di Halbar.

Hal ini di tegaskan Sekretaris Dearah (Sekda) Halbar, Syahril Abd Radjak. Sekda memastikan tetap mengevaluasi setiap SKPD yang tidak mencapai target PAD yang ditargetkan Pemkab Halbar. Target PAD yang dibebankan kepada setiap SKPD menjadi keharusan SKPD untuk mencapai target yang di tentukan.

“ Karena kinerja setiap SKPD bisa di lihat dari capaian PAD nya, bila PAD yang di capai 80 persen berarti kinerjanya maksimal. Dan bila PAD nya nol maka kinerjanya tidak maksimal,” kata Sekda kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (19/12).

Saat ini, kata Sekda, sudah ada empat SKPD sudah dianggap berpenghasilan atau mencapai PAD yang di targetkan. SKPD itu diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi (Disperindagkop) dan Dinas Pariwisata (Dispar) Halbar.

“ PAD memang bukan kinerja secara keselurahan SKPD, tapi hanya satu variabel dari kinerja SKPD di tambah dengan disiplin, loyalitas dan pencapaian program,” kata mantan Kaban Keuangan Halbar itu.

Syahril mengungkapkan, ketidakcapaian PAD di sebabkan tiga hal. Yaitu sistem pungutan tidak jalan, malas menagih atau tagihannya tidak disetor dan salah penempatan perhitungan.

“ Misalnya dinas A pendapatannya Rp. 1 juta, tapi PAD yang di tetapkan Rp. 5 juta, kalau seperti ini sekalipun dinas A jungkir balik tapi targetnya tetap tidak tercapai,” ungkapmya. (Yadi/red)
Komentar

Berita Terkini