|

Sekda Malut Bakal Berganti



SOFIFI, BRN - Mengingat masa jabatan Muabdin H Rajab selaku Sekertaris Daerah (Sekda) bakal berakhir dalam waktu dekat karena sudah masuk masa pansiun, Pemerintah Provinsi akan mendatangkan Sekda pengganti dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selaku pajabat sementara (Pjs).

Ini dilakukan untuk menghabiskan sisa priode pertama Gubernur dan Wakil Gubernur Abdul Gani Kasuba dan M Natsir Thaib. Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba kepada wartawan, Kamis (13/12) mengatakan, untuk menggantikan posisi Muabdin H Rajab sebagai Sekda, harus dari perwakilan Kemendagri. Alasan ini dilakukan untuk menghindari isu sukuisme.
“ Perwakilan dari Kemendagri yang akan mengisi jabatan Sekda setelah Muabdin H Rajab pensiun sebagai Aparat Sipil Negera (ASN),” kata AGK.

Sejauh ini, kata AGK, Pemprov Malut sudah mengusulkan permintaan ke Kemendagri untuk menyeleksi siapa yang layak menjabat PJs Sekda Malut. “ Kami sudah meminta secara tertulis ke kemendagri,” tandasnya.

Siapa nantinya yang menggantikan posisi Muabdin H Rajab, Gubernur belum bisa mengungkapkan, karena menurutnya itu ranahnya kemendagri. Prinsipnya Pemprov Malut siap menerima siapa saja yang di tunjuk Kemendagri untuk Pjs Sekda Malut. “ Siapapun dia, yang penting perwakilan dari kemendagri,” katanya.

Kata dia, apabila Muabdin H Rajab belum memasuki masa pansiun, tetap dipertahankan hingga selesainya periode pertama. Mengingat masa pensiunan sudah dekat, pemprov wajib menyiapkan pengganti yang di ambil dari Kemendagri.

“ Harapanya, dengan adanya perwakilan dari Kemendagri ini dapat melanjutkan program-program pemerintah yang belum tuntas sekaligus membenahi tatakelola pemerintah yang baik,” katanya. (brn/red)
Komentar

Berita Terkini