|

Pemkab Halbar Sidak ke Pelabuhan

SIDAK: Para rombongan saat berada di pelabuhan speedboat rute Jailolo - Ternate. 

HALBAR, BRN - Pemkab Halbar terus meningkatkan pengamanan jelang natal 25 Desember dan tahun baru 1 Januari 2019. Sabtu (22/12) tadi Pemkab Halbar melakukan inpeksi mendadak (sidak) di pelabuhan speedboat Jailolo.

Sidak dilakukan untuk memastikan keselamatan lalulintas laut. Sidak kali ini melibatkan Polres Halbar dan Kepala Pos Pengamanan Pelabuhan (KP3) dan dipimpin Asisten II Pemkab Halbar Markus Saleky.

Asisten II Pemkab Halbar, Kadishub Halbar, Agus Purwoko, Kapospol KP3, Brigpol Andi Sachrin dan pengurus organisasi speedboat menuju pelabuhan speedboat Desa Gufasa Kecamatan Jailolo untuk mengecek kelengkapan armada laut seperti sertifikat kapal, kelayakan armada, kapasitas penumpang dan live jacket (baju pelampung).

" Ini bagian dari operasi ilin 2018. Arus mudik sudah mulai padat, jadi kami melihat kelayakan armada dan sarana penunjang keselamatan penumpang harus (live jacket)," ungkap Asisten II Halbar, Markus Saleky ketika ditemui di pelabuhan speedboat Jailolo.

Selain melihat kondisi kelayakan speedboat dan keamanan penumpang, sidak juga dilakukan untuk memastikan harga tiket speedboat dan standarisasi kapal sebagaimana tertuang dallam surat keputusan (SK) Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba. Selain itu, juga memastikan kapasitan armada dalam mengangkut penumpang.

" Yang itu misalnya kapal dengan kapasitas 3 Groos Tone (GT) dengan jumlah muatan 17 orang dan kapasitas kapal diatas 3 GF atau dengam muatan 38 penumpang. Kita lakukan untuk memastikan keamanan penumpang, sehingga keamanan penumpang bisa terjamin dengan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan," jelas Markus. (Yadi/red)
Komentar

Berita Terkini