|

Longsor Hantam Rumah dan Sekolah


BPBD: Penanganan Segera Dilakukan

LONGSOR: Tim BPBD Halsel saat mengecek lokas longsor di Desa Sidopo Kecamatan Bacan Barat Utara, Kamis (20/12). Kepala BPBD Halsel, Samsi Subur mencoba menenangkan Kifli Engge.  
LABUHA, BRN - Bencana alam tanah longsor yang menimpa di Desa Sidopo, Kecamatan Bacan Barat Utara, Halmahera Selatan (Halsel) menimbun satu rumah warga. Rumah tersebut milik Kifli Engge.

Selain rumah Kifli, longsor pada 18/12/2018 kemarin sekitar pukul 18:00 WIT ini nyaris merusak gedung sekolah dasar (SD) di desa setempat. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halsel, Samsi Subur  konfirmasi Brindonews.com, Kamis (20/12) mengaku, saat kejadian tim BPBD Halsel langsung diterjunkan ke lokasi kejadian. Hanya saja, saat menuju lokasi pihaknya tidak menjangkau karena kondisi jalan (Sayoang-Yaba) menuju Desa Sidopo Kecamatan Bacan Barat Utara tidak dapat dilalui lantaran banjir di beberapa sungai.  “ Tim BPBD langsung ke lokasi, tapi tidak sampai ke desa yang tertipa longsir karna terhalau banjir,” kata Samsi.

Kata dia, tim BPBD Halsel baru bisa bertolak ke lokasi keesokan harinya, Rabu (19/12/2018) menggunakan Speedboad. Evakuasi dipimpin langsung Kepala BPBD Halsel. “ esok harinya baru kita ke lokasi melalui jalur laut, karena jalur darat belum bisa di lalui,” katanya.

Setelah di cek ke lokasi, lanjutnya, satu rumah yang tertimbun longsor dan bangunan sekolah yang nyaris ambruk itu memang butuh penanganan serius. “ Kita akan ambil langkah untuk penanganan pasca longsor di Desa Sidopo, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman pada saat musim hujan,” ucapnya. (saf)
Komentar

Berita Terkini