|

Layanan Pasien BPJS di RSUD Halbar Belum Ada Realisasi

Sejumlah dokter dan perawat di RSUD Jailolo yang mendatangi Kantor BPJS

HALBAR, BRN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jailolo mengklaim pelayanan pasien BPJS belum ada realisasi. Lambatnya penyelenggaran BPJS ke pihak rumah sakit salah faktornya.

Karena itu, para dokter dan perawat RSUD Jailolo mendatangi Kantor BPJS di Desa Kusumadehe Kecamatan Jailolo guna memastikan dan mendapatkan alasan yang jelas dari pihak BPJS. Kedatangan para tenaga medis ini sebelumnya pihak RSUD dan BPJS melakukan pertemuan sebanyak dua kali membahas langkah teknis pelayanan pasien BPJS, namun sampai sekarng tidak ada realisasi BPJS.

Direktur RSUD Jailolo, Dr. Syafrullah Radjilun dikonfirmasi via whatsshap mengaku dirinya tidak berada di Jailolo. Ia mengatakan, kedatangan para dokter dan perawat itu tak menanyakan alasan pihak BPJS kenapa sampai akhir tahun 2018 belum ada realisasi. Padahal sebelumnya sudah pertemuan.

Kepala Kantor BPJS Halbar, Ice Trisnawati dikonfirmasi diruang kerjanya mengaku, alasan kartu BPJS belum tersalurkan ke RSUD Jailolo karena masih terkendala tipe rumah sakit. Tipe RUSD Jailolo adalah D.

“ kita meminta kepada pihak RSUD untuk menyurati ke Kemenkes supaya ditetapkan tipe rumah Sakit dari D ke C, karena memang disini hanya SK dari Bupati karena kita juga sebagai dasar pembayarannya harus surat dari Kemenkes,” katanya.

Masalah tipe rumah sakit ini kemudian berdampak pada pengurusan. Sehingga itu pihak rumah sakit tidak bisa ajukan ke BPJS untuk mengurusnya. “ Kami juga terlambat karena salah satu syarat tersalurnya kartu BPJS pasien kan mesti tipe rumah Sakitnya C baru bisa di salurkan kartu BPJS nya,” tambahnya.

Verifikasi dan pembayaran BPJS tetap di bayar. Hanya saja di dukung dengan SDM dan standar rumash sakit memenuhi syarat. Ia mengungkapkan, SDM RSUD Jailolo dari sisi tenaga dokter belum memenuhi syarat.

“ Kalau seandainya SDM sudah memenuhi syarat, maka pihak RSUD Jailolo tinggal ajukan dan kami langsung bayar verifikasinya dari 2017. SDM RSUD Jailolo belum memenuhi syarat terutama tenaga dokter, dan kita sudah konfirmasi kepada pihak rumah sakit untuk penuhi tapi sampai sekarang belum terpenuhi,” katanya. (Yadi/red)
Komentar

Berita Terkini